ArsipPelatih Terus Genjot Fisik 21 Pemain Pra PON Papua

Pelatih Terus Genjot Fisik 21 Pemain Pra PON Papua

Sabtu 2015-03-14 12:56:33

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Rangkaian latihan dan uji tanding terus dilakukan tim sepakbola Pra PON Papua, walau minim peralatan latihan yang memadai.

Pelatih kepala tim sepakbola Pra PON Papua, Djoko Susilo, mengatakan, program latihan bagi pemain muda itu sementara waktu ditangani langsung para asisten pelatih.

 

“Saya masih di Jawa, untuk latihannya asisten pelatih yang sementara sedang tangani,” ujarnya, Sabtu siang. (Baca: Seleksi 254 Pemain Sepakbola Pra PON Papua, 40 Dinyatakan Lolos)

 

Membentuk tim sepakbola yang solid, menurut dia, tak ada pilihan selain mengadakan program latihan terpusat. Untuk itu, persiapan panjang telah dimulai sejak dipercayakan Asosiasi pengurus PSSI Provinsi Papua tangani tim ini pada beberapa waktu lalu.

 

“Sampai sekarang kita tahap persiapan fisik pemain. Fokus untuk pembentukan fisik pemain dengan cara latihan terpusat sambil sesekali uji coba dengan tim kuat seperti Persipura,” tuturnya.

 

Ini dibenarkan asisten pelatih Frengky Samay dan Nurkholis saat diwawancarai wartawan belum lama ini.

 

Rangkaian latihan, diakui sangat penting karena akan sangat membantu pembentukan fisik pemain. Program latihan diselingi small game. “Kondisi fisik pemain sudah bagus, hanya saja perlu digenjot lagi,” katanya di stadion Mandala Jayapura.

 

Dijelaskan, uji coba dengan pemain Persipura pada dua pekan lalu seharusnya belum waktunya. Tetapi, itu hal baik untuk dapat mengevaluasi kondisi tim secara keseluruhan.

 

“Sebenarnya kita belum masuk pada tahap uji coba, karena sementara masih fokus fisik,” ujar Nurkholis.

 

Tetapi, laga uji coba sangat penting bagi skuatnya menimba pengalaman dari para pemain Persipura, juga untuk mengetahui kekurangan pemain di setiap lini.

 

“Dari uji tandingan kami jadi tahu kekurangannya, dan itu nanti dibenahi lagi dalam program latihan berikut,” kata Samay.

 

Untuk mantapkan fisik pemain, Jumat sore kemarin, para pemain menjalani latihan di lapangan Tunas Muda Hamadi. Latihan secara umum masih akan dilanjutkan, meski tim pelatih mengaku tidak didukung peralatan pemain.

 

Soal seleksi pemain, menurut Djoko Susilo, sudah berakhir dengan menetapkan 24 pemain. Tetapi tak menutup kemungkinan untuk melakukan perubahan pemain, sambil mengikuti perkembangan tim yang ada saat ini.

 

Jumlah pemain yang disiapkan untuk tampil di ajang Pra PON, ada 24 orang. Tiga diantaranya, Fredy J Isir, Christofer Sibi dan Muhammad Thahir saat ini tercatat sebagai pemain Persipura musim 2015.

 

MARY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.