ArsipUskup Timika Kecam Penembakan Dua Pemuda Gereja di Timika

Uskup Timika Kecam Penembakan Dua Pemuda Gereja di Timika

Jumat 2015-08-28 14:09:50

TIMIKA, SUARAPAPUA — Uskup Timika, Mgr. John Philip Saklil, mengecam tindakan kekerasan oknum aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Timika, Papua, Jumat (28/8/2015) dini hari, yang menewaskan dua pemuda gereja Katolik, Imanuel Mairimau (23) dan Yulianus Okoare (23).

Kekerasan yang terjadi juga menyebabkan dua pemuda lainnya luka-luka berat, dan kini sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Timika, yakni Martinus Apokapo (24), luka tembak di pinggang kiri, dan Martinus Imaputa (17), luka tembak di kaki kanan.

 

“Gereja mengecam semua tindakan kekerasan, apalagi ada korban nyawa. Tindakan kekerasan tidak menyelesaikan persoalan pribadi atau kelompok,” kata Uskup.

 

Menurut Uskup Saklil, aksi kekerasan tak boleh diselesaikan dengan kekerasan karena akan mengakibatkan banyak korban nyawa yang tidak berdosa.

 

“Untuk masalah ini kita serahkan kepada hukum untuk mengadili siapapun yang bersalah, khususnya yang menyebabkan kehilangan nyawa.”

 

“Jangan berdalih dengan alasan apapun, karena sudah jelas tindakan yang menyebabkan korban nyawa harus ditindak, apalagi menggunakan alat Negara,” kata Saklil.

 

Uskup Timika juga meminta kepada semua pihak agar berjaga dan bersabar, agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan cara Damai.

 

“Kesalahan sudah jelas bagi kita semua, jangan buat kesalahan baru lagi,” tegasnya dalam press release yang diterima media ini, sore tadi.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM...

0
“Dengan berakhirnya Pertemuan Pejabat Luar Negeri Melanesian Spearhead Group untuk mengantisipasi Pertemuan Para Pemimpin MSG yang akan datang, pertanyaannya adalah, bagaimana mungkin MSG akan terus membiarkan Indonesia, yang memiliki kebijakan dan praktik yang merendahkan martabat, melemahkan, dan menghilangkan hak-hak perempuan, anak-anak, dan laki-laki Melanesia - sesama anggota MSG, tetap menjadi anggota?”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.