ArsipBelajar Diluar Sekolah, Orang Tua Murid Minta Kegiatan Serupa Terus Dilakukan

Belajar Diluar Sekolah, Orang Tua Murid Minta Kegiatan Serupa Terus Dilakukan

Rabu 2016-01-20 07:27:58

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Untuk meningkatkan pola pikir anak di alam bebas sebagai bagian dari pendidikan formal di luar kelas, pihak Yayasan bersama guru dan orang tua TK Kemala Bayangkari Polres Jayawijaya gelar kegiatan rekreasi, kendaraan, pegunungan dan pesisir berdasarkan tema awal tahun 2016.

Kegiatan yang dilakukan, Rabu (20/1/2016) di lokasi pemancingan Ikan Wesaput, Wamena ini dirangkai lomba senam bersama, lomba mewarnai dan lomba joget balon.

 

Kepala Sekolah TK Kemala Bayangkari Wamena, Hj. Nuraini Harbani kepada suarapapua.com mengatakan, sesuai tema pada awal tahun 2016, kegiatan rekreasi ini diadakan untuk membawa anak-anak ke luar sekolah supaya ada perbandingan.

 

“Kegiatan ini sengaja kami (pihak sekolah) dan Yayasan Kemala Bayangkari lakukan, dimana anak-anak kami bawa keluar dari lingkungan sekolah, supaya ada sesuatu baru yang mereka bisa rasakan,” kata Harbani.

 

Harapannya, dengan kegiatan di alam terbuka seperti ini, ada suatu kesan terbaik yang diperoleh anak-anak dengan apa yang selama ini mereka lihat dan lakukan di lingkungan sekolah.

 

“Pokoknya mereka (anak-anak) bisa mendapatkan kesan pribadi untuk dapat mengenal betapa indahnya alam ciptaan Tuhan. Terutama ketika mereka mendengarkan bunyi burung dan semua ciptaan Tuhan,” jelasnya.

 

Untuk kedepan, kata dia, kegiatan serupa akan dilakukan lagi, hanya saja tema dan lokasinya sedikit berbeda dengan hari ini.

 

“Untuk kerja sama dari orang tua anak-anak sudah berjalan baik, terutama dalam kegiatan seperti ini. Untuk hari ini orang tua secara langsung terlibat dalam kegiatan lomba. Tujuan keterlibatan orang tua, supaya ada hari-hari yang orang tua bisa terlibat dengan anak, bukan hanya melaksanakan rutinitas saja,” tutur Harbani.

 

Sementara itu, salah satu orang tua murid, Andarita Mandosir Walianggen mengatakan, orang tua senang dengan kegiatan hari ini, sebab kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam belajar di dalam ruang kelas.

 

“Kehadiran kami sebagai bentuk dukungan terhadap guru-guru dan pihak yayasan, kerana kegiatannya sangat positif. Kami harap kegiatan seperti terus dilakukan di waktu yang akan datang,” ucap Mama Andarita.

 

Harapan sama disampaikan Rasia, salah seorang murid TK Kemala Bayangkari. “Saya senang lomba mewarnai dengan lomba balon dengan mama. Saya mau lagi, tetapi di pasir putih, supaya kita bisa bikin bola pasir,” pintanya.

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap...

0
“Tujuan dari pra UKW ini, para peserta dapat mengetahui proses uji kompetensi yang akan digelar di Nabire dan Riau,” kata Hendry Ch Bangun sembari berharap semua peserta UKW dinyatakan lulus.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.