Peluncuran IPWP di Australia, Dukung Hak Penentuan Nasib Sendiri di Papua

Selain Brown dari Partai Hijau, dukungan juga datang dari Ralh Regenvanu MP, salah satu anggota Parlemen di Vanuatu.

Regenvanu mengatakan bahwa rakyat Vanuatu dan anggota-anggota parlemen yang ada di Vanuatu mendukung kemerdekaan Papua Barat.

“Namun, saat ini Pemerintah Vanuatu telah bekerja sama mendukung Papua Barat dalam Indonesia, maka menjadi tugas bagi anggota-anggota parlemen dan rakyat Vanuatu untuk melakukan protes dan memperkuat dukungan bagi kemerdekaan Papua Barat kembali,” ujarnya.

Selain itu, Chaterine Delahunty anggota parlemen New Zealand dari partai hijau ikut menyatakan komitmen mendukung isu-isu terkini di Papua Barat, namun juga secara tegas mengatakan untuk memperjuangkan kemerdekaan bagi bangsa Papua.

Sementara pemerintah Australia melalui kedutaan besar mereka di Indonesia meresponi negative peluncuran IPWP di Canbera, Australia.

Dalam siaran pers yang dirilis di website resminya (http://www.indonesia.embassy.gov.au/), pemerintah mengatakan Australia berkomitmen penuh terhadap keutuhan wilayah dan persatuan nasional RI, termasuk kedaulatannya atas provinsi-provinsi di Papua. Ini merupakan kewajiban dasar Traktat Lombok antara Australia dan Indonesia.

“Pertemuan yang diselenggarakan oleh International Parliamentarians for West Papua (Anggota Parlemen Internasional untuk Papua Barat) pada Selasa di Canberra tidak mewakili pandangan-pandangan Pemerintah Australia,” tulis siaran pers tersebut.

Selain itu, pemerintah Australia juga menegaskan, dalam sistem pemerintahan Australia, kebijakan luar negeri ditentukan oleh Pemerintah. Dan dalam hubungan dengan Indonesia, Traktat Lombok mendapat dukungan partai-partai terbesar di parlemen Australia.

Dalam media release tersebut juga mengatakan, Australia dan Indonesia adalah mitra strategis dan hubungan kita pada saat ini bagus dan erat. Seiring dengan luar biasanya transformasi di Indonesia, Australia berupaya untuk turut berperan serta demi kemajuan bangsa Indonesia.

Menyambut peluncuran IPWP Australia-Pasific di Canbera, ribuaan massa di Jayapura, Manokwari, Timika, Biak, dan Nabire melakukan aksi demo damai.

 

OKTOVIANUS POGAU

Shortlink:

Posted by on February 29, 2012. Filed under INTERNASIONAL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>