ArsipKNPB Tetap Berkomitmen Untuk Melawan Tanpa Kekerasan!

KNPB Tetap Berkomitmen Untuk Melawan Tanpa Kekerasan!

Rabu 2014-09-10 12:15:30

PAPUAN, Jayapura — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menegaskan, sampai saat ini KNPB masih berkomitmen untuk melakukan perlawanan tanpa kekerasan.

Hal ini in ditegaskan Ketua Umum KNPB, Victor Yeimo, kepada wartawan di Abepura (10/9/2014), siang tadi.

 

Yeimo mengatakan, ada upaya yang terus dilakukan oleh Polda Papua untuk terus menerus mengkriminalisasi, mengejar, dan membunuh anggota KNPB di seluruh wilayah teritori Papua Barat.

 

"Selama ini, kami berusaha untuk melakukan perlawanan dengan upaya-upaya yang bermartabat. Tetapi, yang selalu ambil jalan kekerasan dan jalan yang tidak bermartabat adalah TNI dan Polri," ujarnya.

 

Untuk itu, pihaknya meminta aparat penegak hukum yang ada di Papua, terutama Kapolda Papua dan Pangdam agar tidak mengkriminalisasikan KNPB.

 

"KNPB menegaskan untuk kesekian kalinya, bahwa KNPB sejak awal hingga hari ini tidak melakukan gerakan perlawanan dengan tindakan kekerasan. KNPB masih berkomitmen pada gerakan tanpa kekerasan," tegas Yeimo.

 

Yeimo juga meminta Kapolda Papua untuk segera instruksikan kepada seluruh Kapolres di tanah Papua agar menghentikan upaya-upaya kriminalisasi terhadap anggota KNPB..

 

"KNPB dan Indonesia adalah musuh. Tetapi, KNPB mengajak institusi negara Kolonial agar menghargai perjuangan damai dan bermartabat yang terus diajarkan oleh KNPB kepada penguasa yang tamak dan militeristik ini," tuturnya.

 

"Orang Papua sedang berjuang itu fakta yang tidak bisa disembuyikan, karenanya KNPB mengajak negara Indonesia dan institusi militer di Papua agar menyelesaikan persoalan Papua dengan cara-cara yang bermartabat," pungkas Yeimo. 

 

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Satgas ODC Tembak Dua Pasukan Elit TPNPB di Yahukimo

0
“Adapun korban sebanyak tujuh orang, dua diantaranya telah ditembak mati oleh pasukan kolonial yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz, dua orang yang ditembak mati adalah Namun Senik atau Afrika Heluka komandan operasi Batalyon WSM, Toni Wetapo atau Giban Wetapo, staf komandan operasi Batalyon WSM,” terangnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.