ArsipKNPB: Penembakan Terhadap Peneliti Jerman Murni Konspirasi Negara

KNPB: Penembakan Terhadap Peneliti Jerman Murni Konspirasi Negara

Rabu 2012-05-30 14:01:45

Demikian penegasan juru bicara internasional KNPB, Victor Yeimo saat menggelar jumpa pers di Café Prima Garden, Rabu (30/5) siang tadi, di Abepura, Jayapura, Papua.

Menurut Yeimo, penembakan tersebut sangat erat kaitannya dengan teguran keras kepada Indonesia oleh dewan HAM PBB dalam sidang HAM PBB baru-baru ini, dimana Indonesia dalam hal ini TNI dan Polri merupakan aktor kekerasan dan pelanggaran HAM di Papua Barat.

Lanjut Yeimo, tindakan ini sengaja dibuat oleh pemerintah Indonesia karena sudah tak punya cara lain selain menciptakan konflik di tanah Papua dan sengaja mau mengacaukan situasi di tanah Papua.

Yeimo juga menegaskan, bahwa terlalu dini jika aparat kepolisian menyatakan pelaku penembakan dari cirri-cirinya adalah orang asli Papua.

“Meskipun pelakunya boleh dikatakan orang Papua, tapi kami menilai itu adalah orang yang dibayar oleh Indonesia untuk melakukan aksi tersebut,” ujar Yeimo.

Public dapat melihat lebih jauh siapa aktor di belakang pelaku tersebut, sebab bisa saja pelakunya orang Papua, namun orang itu dibayar oleh oknum-oknum aparat untuk melakukan aksi tersebut.

“Penembakan ini murni berasal dari negara Indonesia dan untuk kepentingan pengamanan citranya dimata dunia internasional.

Karena bagi Indonesia, menggunakan orang Papua Barat sebagai aktor kekerasan merupakan cara untuk memperbaiki dan mengelak kekerasan di Papua Barat,” ujarnya lebih lanjut.

Dikatakan juga, pemerntah Indonesia diminta hentikan sandiwara karena telah banyak menghancurkan citra dan martabat orang Papua dimata dunia internasional.

Karena itu, Yeimo mengatakan, KNPB berharap pemerintah Jerman dapat segera mengirim tim uji balestik ke Papua Barat untuk membuktikan dari kesatuan mana peluru yang bersarang dalam tubuh korban.

“Pemerintah Jerman harus segera memutuskan hubungan diplomatic dengan Indonesia dan kedubes Jerman di Jakarta segera angkat kaki sebelum pelaku penembakan diungkap oleh tim independen dari internasional,” jelas Yeimo kepada wartawan.

Kapolda Papua, Brigjen L Tobing kepada wartawan mengatakan bahwa, pihak kepolisian sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan warga Jerman tersebut.

Sebelumnya, seminggu lalu, penembakan terhadap lima warga sipil kembali terjadi di areal penambangan liar Degeuwo, Distirik Bogobaida, Kabupaten Paniai, Papua, dengan pelaku penembakan adalah oknum anggota Brimob Polda Papua.

Sampai saat ini, aparat Brimob yang melakukan penembakan terhadap lima warga sipil tersebut belum di proses lebih lanjut.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

0
“Masyarakat harus tetap konsisten dengan apa yang disampaikan dalam kegiatan ini. Yang terlebih penting masyarakat harus menjaga keamanan di Tambrauw sehingga semua kegiatan berjalan dengan aman dan damai mulai dari tahapan hingga selesai Pilkada 2024 nantinya,” pesannya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.