ArsipTapol Papua Harus Dibebaskan

Tapol Papua Harus Dibebaskan

Kamis 2012-07-12 11:04:15

Demikian penegasan Frans Tomoki, aktivis Nasional Solidaritas Papua (NAPAS) ketika ditemui suarapapua.com, Kamis (13/7) di Jakarta.

Menurut Frans, NAPAS bersama beberapa LSM di Jakarta seperti KontraS, KAMPAK Papua telah mendatangi DPR RI di Komisi III, dan telah beraudiensi dengan mereka terkait Tapol di tanah Papua.

"Sekarang tinggal niat baik pemerintah, apakah tetap memenjarakan mereka, atau membebaskan mereka sebab mereka tidak bersalah," tambah Frans.

Beberapa waktu lalu, menyikapi pembebasan Tapol di Papua, Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Jamil, menganggap bila memang dibutuhkan, para tahanan Politik yang mendekam di penjara Papua harus diberi amnesti.

Dikatakan oleh Nasir, hal ini dilakukan sebab hal yang sama juga pernah dilakukan oleh pemerintah Indonesia pada para Tapol di Aceh di tahun 2006.

Beberapa lembaga hak asasi manusia internasional seperti Amnesty International dan Human Rights Watch (HRW) juga telah meminta agar Tapol di Papua di bebaskan oleh pemerintah Indonesia.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Suku Abun Gelar RDP Siap Bertarung Dalam Pilkada 2024

0
“Masyarakat harus tetap konsisten dengan apa yang disampaikan dalam kegiatan ini. Yang terlebih penting masyarakat harus menjaga keamanan di Tambrauw sehingga semua kegiatan berjalan dengan aman dan damai mulai dari tahapan hingga selesai Pilkada 2024 nantinya,” pesannya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.