Presiden SBY Akan Dijemput Dengan Demo di London

Daniel Matuan, Korban pemukulan aparat keamanan saa aksi demo di Manokwar, Papua Barat. (Foto: Oktovianus Pogau/SP)

PAPUAN, London — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam kunjungan kenegaraan ke London, Inggris, pada tanggal 31 Oktober hingga 02 November 2012 mendatang, akan dijemput dengan demo oleh puluhan aktivis dari beberapa lembaga hak asasi manusia yang berbasis di London, Inggris.

Dalam press release yang dikirim ke redaksi suarapapua.com, Sabtu (26/10), Paul Barber dari Tapol mengatakan, pasukan keamanan Indonesia baru-baru ini telah menembaki demonstran yang tak membawah senjata dalam sebuah demonstrasi damai mendukung pertemuan beberapa anggota Parlemen di Inggris. 

Dikatakan juga, dalam aksinya, mereka akan menentang kebijakan pemerintah Inggris untuk meningkatkan penjualan senjata ke Indonesia, pelatihan anti-teror kepada polisi yang terlibat dalam pembunuhan pemimpin Papua, dan promosi dari kepentingan bisnis berkelanjutan di Papua dan di tempat lain.

Menurut Paul, aksi demonstrasi tersebut akan di pusatkan di Downing Street, London, SW1A, sekitar pukul 13.30 – 14.30 waktu setempat, dan Presiden SBY sendiri akan menginap di Buckingham Palace seperti diberitakan situs resmi Buckingham Palace.

Sebelumnya, aksi mendukung pertemuan anggota Parlemen di London, Inggris, yang diselenggarakan oleh KNPB berakhir ricuh dan berhasil dibubarkan aparat keamanan secara brutal.

Di Manokwari, 11 orang ditangkap, dua diantaranya terkena tembakan peluru aparat keamanan, dan sisanya dipukul hingga luka-luka parah.

 

OKTOVIANUS POGAU

Shortlink:

Comments Closed