Pemda Paniai Serahkan Bantuan Kepada Mahasiswa

Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai memberikan bantuan studi kepada mahasiswa Paniai di Kota Jayapura (Foto: Arnold Belau/SP)

PAPUAN, Jayapura— Kamis (08/11) kemarin, Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai, melalui  dinas kesejahteraan sosial telah menyerahkan bantuan studi kepada ratusan mahasiswa asal kabupaten Paniai, yang sedang mengenyam studi Kota Jayapura, Papua.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Paniai, Eddie Rante, ketika ditemui suarapapua.com, kemarin di Café Prima Garden mengatakan bahwa pemerintah daerah Paniai serius dan terus bertekad untuk membantu mahasiswa asal Paniai di berbagai kota studi, termasuk di Jayapura.

“Bantuan yang kami berikan antara lain alat-alat elektronik, alat-alat perabot asrama dan dapur, dan termasuk bantuan berupa uang untuk menunjang studi mereka,” kata Eddie kepada media ini.

Menurut Eddie, sebenarnya program tersebut sudah lama direncakana, namun baru kali ini bisa terlaksan karena berbagai kesibukan, termasuk agar dapat memacu mahasiswa belajar agar kemudian hari bisa kembali untuk membangun Paniai.

Disampaikan juga, Tahun 2007 hingga tahun 2011, pemda sudah berhasil membangun beberapa asrama permanen, di Jayapura ada 3 lokasi, Manokwari ada 2 lokasi, Nabire ada 2 lokasi, dan Jogja 1 lokasi.

“Kami pemda Paniai melayani mahasiswa yang tersebar di 18 kota study di seluruh Indonesia, 4 kota studi sudah memiliki asrama permanen, dan sisanya belum, kedepannya kami akan terus usahakan,” kata Eddie.

Ketka disinggung soal sumber dana, Eddie menyatakan dana tersebut bersumber dari dana bantuan Otonomi Khusus, dan jika di totalkan kurang lebih 1 milyard rupiah yang telah dihabiskan pemda.

Kepala Dinas yang telah puluhan tahun mengabdi di Paniai ini juga berharap mahasiswa asal Paniai dapat belajar dan menimbah ilmu dengan sungguh-sungguh, agar dapat kembali membangun Paniai di kemudian hari.

Sementara itu, Sekertaris Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Paniai, Alex Pigome, menyampaikan ucapan terima kasih mewakli mahasiswa di kota studi Jayapura atas perhatian pemda terhadap mereka.

“Kami juga masih berharap di tahun-tahun mendatang pemda bisa terus memperhatikan segala kebutuhan kami,” tutupnya.

ARNOLD BELAU

Shortlink:

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>