SBY Disambut Demo Puluhan Aktivis HAM di London

Poster yang di pegang puluhan aktivis yang demo menyambut kedatangan Presdien SBY di London, Inggris (Foto: freewestpapua.org)

PAPUAN, London— Puluhan aktivis hak asasi manusia, Rabu (31/10), di  Down Street, London, sekitar pukul 13.30 waktu setempat, melakukan aksi demonstrasi “menyambut” kedatangan orang Presiden Indonesia yang dinilai sangat bertanggung jawab terhadap pelanggaran HAM di tanah Papua.

Puluhan aktivis memegang berbagai spanduk dan poster yang intinya memprotes kejahatan kemanusiaan yang dilakukan pemerintahIndonesiauntuk warga sipil di tanah Papua.

Direktur Survival International, Stephen Corry, seperti ditulis situs resmi mereka mengatakan bahwa, pemerintah Inggris harus menghentikan kerja sama bidang militer, termasuk tidak melatih pasukan khusus Indonesia karena di duga telah membunuh warga sipil di Papua Barat.

“Ini sangat mengkhawatirkan, sebab pembayaran pajak warga Inggris telah mendanai pasukan khususIndonesiayang telah diduga terlibat dalam pembunuhan aktivis HAM di Papua.

Kami mendesak David Cameron untuk menantang PresidenIndonesiapada catatan hak asasi manusia buruk negaranya,” ujar Stephen Corry.

Presiden SBY bersama Istrinya Ani Yudhoyono, keLondondalam rangka melakukan kunjungan kerja selama tiga hari, sekaligus menerima penghargaan dariRatu Elisabet II di Istana Buckhingham Place.

Seperti ditulis Washigton Post, dua aktivis yang berusaha menghalau kendaraan yang ditumpangi SBY beserta Ibu Negara diamankan polisi setempat, kemudian di bebaskan lagi.

OKTOVIANUS POGAU

Shortlink:

Comments Closed