Ketua Umum KNPB Ditangkap Saat Akan Ikut Ibadah di Expo

Victor F Yeimo, Ketua Umum KNPB yang ditangkap aparat kepolisian daerah Papua, siang tadi (Foto: Ist)

PAPUAN, Jayapura — Siang tadi, Sabtu (01/11) sekitar pukul 10.30 WIT, Ketua Umum Komite Nasional Papua (KNPB), Victor F Yeimo bersama dua orang aktivis lainnya ditangkap oleh aparat kepolisian di depan Rumah Sakit Dian Harapan, saat akan long march untuk mengikuti Ibadah di Expo, Waena, Papua.

Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta, ketika dikonfirmasi suarapapua.com, siang ini, membenarkan penangkapan Victor F Yeimo bersama dua orang aktivis lainnya sebab dianggap mengganggu ketertiban masyarakat di sekitar RS Dian Harapan.

“Benar, mereka ditangkap karena ikut melakukan pelemparan terhadap warga di sekitar RS Dian Harapan, karena itu kami amakan mereka di Polsek Abepura,” katanya via telepon seluler.

Ditambahkan oleh Kabid Humas, jika tidak memenuhi unsur pidana atau makar, maka ketiga orang tersebut akan dilepaskan secepatnya di sore hari nanti.

Sementara itu, Jubir KNPB, Wim Medlama membenarkan penangkapan Ketua Umum KNPB bersama dua orang aktivis lainnya, namun membantah massa aksi yang jumlah sekitar 100 orang melakukan pelemparan kepada warga sekitar, termasuk kepada aparat kepolisian seperti yang disampaikan pihak kepolisian.

“Kami melakukan long march secara damai, kemudian aparat memblokade kami di dean RS Dian Harapan, dan dengan kasar membubarkan aksi tersebut, ini sangat keterlaluan sekali,” ucapnya kepada media ini.

Menurut Wim, setelah aparat menggangalkan rencana ibadah yang sediannya dilangsungkan di Lapangan Taman Makam Theys Elluay, Sentani, maka rencananya akan dilangsungkan di Expo, Waena.

“Namun, itupun dibatalkan dengan menangkap ketua Umum KNPB, sekaligus membubarkan beberapa massa aksi di RS Dian Harapan dengan brutal, apalagi sampai mengeluarkan tembakan, dengan demikian tidak ada aksi bentuk ibadah yang kami lakukan di tahun ini,” katanya.

Informasi yang dihimpuna media ini, selain Victor Yeimo (29), dua aktivis lainnya yang ditangkap adalah Humum Kiman (20) Mahasiswa Uncen, dan Ebel Sala (19) mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukim Umel Mandiri.

OKTOVIANUS POGAU

Shortlink:

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>