KNPB Minta Polisi Selidiki Kematian Timotius Ap

Demo KNPB Manokwari saat peluncuran KTT ILWP London (Foto: Dolly Korwa/SP)

PAPUAN, Manokwari — Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Manokwari, Alexander Nekenem meminta agar aparat kepolisian dapat segera menyelidiki dan mengusut tuntas pelaku penembakan yang menewaskan, Timotius Ap, Selasa (05/12) lalu, di Manokwari, Papua Barat.

“Pelakunya memang aparat keamanan sendiri, namun kami minta Polisi dapat obejektif memeriksa, dan menyelidiki anak buahnya yang melakukan penembakan terhadap korban,” kata Nekenem, dalam rilis yang diterima redaksi suarapapua.com, Kamis (06/12) sore tadi.

Menurut KNPB, pembakaran serta aksi-aksi pemalangan yang dilakukan massa, kemarin di sepanjang jalan-jalan di Manokwari, merupakan akumulasi kekecewaan warga terhadap tindak aparat kepolisian yang bertindak sangat brutal dan tak berperikemanusiaan.

“Rakyat Papua sudah tidak tahan terhadap berbagai penindasan yang dilakukan pemerintah Indonesia melalui aparat militernya,” kata Nekenem.

Sebelumnya, KNPB mencatat, sejak tanggal 30 November 2012, aparat sudah bersiaga di seluruh kota Manokwari dengan mobil-mobil militer, dan pawai pasukan secara terbuka untuk mengamankan tanggal 1 Desember yang selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan Papua Barat.

Kemudian, di tanggal 1 Desember, saat seorang warga negara Asing asal Ukraina ikut mendukung aksi doa di Kantor Dewan Adat Papua (DAP), Polisi juga menangkap serta mendeportase warga tersebut.

“Padahal, dia hanya ikut doa saja, kami KNPB juga melakukan doa perenungan dengan aman dan tentram di daerah Amban,” katanya.

Timotius Ap, salah narapidana yang melarikan diri dilumpuhkan aparat keamanan saat akan berusaha untuk melawan aparat dengan senjata api ketika mau ditangkap.

“Benar, kami melumpuhkan dia karena berusaha untuk melawan aparat dengan senjata rakitan yang dia punya,” kata Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya, ketika dihubungi media ini, kemarin, Rabu (05/12).

TOMMY APRIANDO

Shortlink:

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>