ArsipJhon NR Gobay: Yakoba Lokbere Cs Protes Jokowi, Bukan Yohana Yembise

Jhon NR Gobay: Yakoba Lokbere Cs Protes Jokowi, Bukan Yohana Yembise

Jumat 2014-11-28 17:12:00

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah Paniai, Jhon NR Gobay, menilai aksi demonstrasi damai yang dilakukan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara-JP) Papua, Kamis (27/11/2014), wajar dan bisa dibenarkan

“Karena aksi demo itu sebenarnya bagian dari sikap protes terhadap Presiden Jokowi, bukan ibu Yohana Yembise, jadi wajar saja Ibu Yakobe Lokbere bersama teman-teman Bara-JP Papua demo," kata Gobay, kepada suarapapua.com, Jumat (28/11/2014).

 

Menurut Gobay, aksi demo yang dikoordinir Ibu Lokbere sebenarnya ditujukan kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), bukan kepada Yohana Yembise yang notabene Orang Asli Papua (OAP).

 

“Demo kemarin hanya pelampiasan saja, bagaimana tidak emoh, ibu Lokbere keluarkan semua energi dan uang untuk membiayai kemenangan Jokowi di Papua, tapi setelah itu diabaikan begitu saja.”

 

“Pasti semua orang marah, dan perasaan itu yang dialami ibu Lokbere dan kawan-kawan Bara-JP saat ini, karena itu demo yang dilakukan kemarin harus menjadi masukan kepada Presiden Jokowi,” kata Gobay.

 

Gobay juga meminta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, untuk tidak tersinggung dengan aksi tujuh perempuan Papua saat di Bandara Udara Sentani, Jayapura, kemarin.

 

“Lokbere memang memberikan kontribus untuk kemenangan Jokowi, jadi wajar-wajar saja kalau marah, jangan orang menerjemahkan Ibu Lokbere cengeng, tapi harus lihat dari sudut pandang yang lain juga,” kata Gobay.

 

Namun, Gobay berharap, baik Lokbere maupun Yembise tidak saling menyalahkan, apalagi sesama orang Papua, dan tokoh perempuan Papua yang saat ini terpandang di kalangan rakyat Papua.

 

“Kita jangan bakalai, mari saling rangkul, biar bagaimanapun Yohana dan Lokbere adalah saudara, apa yang disampaikan Lokbere tolong disampaikan kepada Jokowi,” kata Gobay.

 

Sebelumnya, beberapa massa aksi yang menamakan diri Bara-JP Papua, melakukan aksi demo damai di Bandara Udara, Sentani, Jayapura, Papua, menolak kedatangan Yohana Yembise. (Baca: Aneh, Bara-JP Papua Demo Tolak Kedatangan Yohana Yembise).

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Aksi ASN Pemprov Papua, Gobai: Penempatan Jabatan Perlu Perdasi

0
“Di sana telah diatur tentang persentase dalam menduduki jabatan yaitu 80% orang asli Papua dan 20% non Papua. Untuk itu, dalam hal yang penting dan mendesak ini, saya meminta kepada penjabat gubernur Papua untuk segera dapat menandatangani dan memberikan penomoran untuk Raperdasi tersebut. Hal ini penting agar tetap menjadi Perdasi Papua tentang perubahan Perdasi Papua nomor 4 tahun 2018,” pintanya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.