ArsipKNPB Akan Peringati 1 Mei di Makam Theys

KNPB Akan Peringati 1 Mei di Makam Theys

Kamis 2013-04-25 14:17:30

PAPUAN, Jayapura — Pada tanggal 1 Mei 2013 mendatang, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bersama massa rakyat Papua Barat akan memperingati hari aneksasi Papua atau hari duka nasional bangsa Papua di lapangan Makam Alm. Theys Hiyo Elluay, Sentani, Papua.

“Aksi akan dipusatkan di lapangan makam Theys, Sentani. Rakyat Papua Barat yang berdomisili di Jayapura dan sekitarnya dimohon kesediaannya  untuk datang dan ambil bagian,” ujar Juru Bicara (Jubir) KNPB, Wim Medlama, ketika dihubungi suarapapua.com, Kamis (25/4/2013) siang.

Menurut Wim, aksi tersebut akan digelar dalam bentuk orasi-orasi politik dan panggung terbuka, juga sekaligus akan digelar doa singkat mengenang hari dan perjalanan sejarah paling kelam bagi penderitaan bangsa Papua.

 

“Kalau orang tua di hutan silakan lakukan apa yang mau dibuat, kami tetap akan gelar aksi panggung rakyat di makam Theys, kami akan bersama-sama dengan rakyat di kota,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum KNPB, Victor Yeimo, dalam laman resmi mereka telah mengeluarkan seruan, tanggal 1 Mei 2013 mendatang akan diperingati sebagai hari duka nasional, sebab ditanggal tersebut bangsa Papua dipaksa bergabung dengan Negara Indonesia secara sepihak.

Adapun tema aksi yang diusung, “50th Indonesian Illegal Occupation in West Papua” dan “Indonesia Annexed West Papua Illegally; We Need the Right of Self-Determination”.

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.