ArsipAkibat Musim Kemarau, Harga Udang di Enarotali Naik

Akibat Musim Kemarau, Harga Udang di Enarotali Naik

Sabtu 2014-10-18 15:10:15

PANIAI, SUARAPAPUA.com— Akibat musim kemarau yang berlangsung beberapa Minggu belakangan, harga udang di Pasar Enarotali, Paniai, meningkat sangat drastais. Dari harga biasa Rp. 100 ribu, naik hingga Rp. 150 ribu.

Mama Peni Yogi, salah satu penjula udang, menuturkan, musim kemarau sudah melandan Paniai dalam beberapa minggu belakangan, dan berpengaruh terhadap harga udang.

 

"Saat musim kemarau, kami masuk sampai ke dalam rawa-rawa juga sulit mendapatkan udang, tidak seperti saat musim hujan," tegas mama Peni, saat ditemui media ini, Jumat (17/10/2014) sore.

Ia juga menjelaskan, ukuran udang yang di dapat pada musim kemarau tidak sama dengan udang yang di dapat saat musim hujan, dan malahn saat ini semakin sulit menemukan udang. 

 

Adapun beberapa jenis udang yang dijual, menurut mama Peni, seperti udang selingkuh, dan beberapa jenis udang yang hanya terdapat di danau Paniai.

Sementara itu, Mama Agustina, salah satu penjual udang menambahkan, udang dan ikan sulit di temukan saat musim kemarau, karena itu mempengerahui harga di pasar. 

"Kalau hujan jelas rawa-rawa di pinggiran danau terisi dengan ikan dan udang, tapi jika musim kemarau tiba, semuanya kembali lagi ke danau," katanya.

Dari pantauan suarapapua.com di pasar sentral Enarotali, terlihat ibu-ibu sedang menjual ikan dan udang serta berbagai jenis barang dagangan, dengan harga yang cukup mahal.

 

Editor: Arnold Belau

 

MIKHA GOBAY

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.