ArsipIni Kronologis Polisi Bubarkan Paksa Aksi KNPB

Ini Kronologis Polisi Bubarkan Paksa Aksi KNPB

Senin 2013-09-16 13:31:30

PAPUAN, Jayapura— Aparat kepolisian kota Jayapura dipimpin langsung oleh wakil Kepolisian Resort Jayapura Kota, Kiki Kurnia Mega, berhasil pukul mundur aksi yang dilakukan oleh KNPB dalam rangka memperingati hari demokrasi Internasional di Jayapura, Papua.

Pantauan suarapapua.com pada senin, (16/9/2013) di Jayapura, sejak pagi sekitar pukul 08.00 pagi WP aparat sudah siagakan anggotanya di beberapa titik. Diantaranya, perumnas III Waena, Expo, Abe, Kamkey, Taman Imbi dan Pos 7 Sentani.

Sekitar pukul 08.00 WP polisi memblokade jalan tepat di depan gapura kampus Uncen Waena dan membubarkan anggota KNPB yang sedang kumpul di Perumnas III untuk menuju ke Expo. Sementara di Expo juga tidak terlihat aksi orasi ataupun perkumpulan yang dilakukan oleh rakyat Papua dan anggota KNPB.

Namun sekitar 09.30 WP, juru bicara KNPB, Wim Medalama, Warpo Wetipo dan beberapa anggota KNPB mulai putar lagu dari mobil komando dengan menggunakan pengeras suara.

Kemudian sekitar pukul 10.00 WP polisis meminta polisi melakukan negosiasi dengan KNPB dan meminta untuk segera bubarkan diri. Namun pihak KNPB meminta untuk melakukan ibadah dan bubarkan diri. Saat negosiasi itu pihak KNPB menunggu orang yang ditunjuk untuk ibadah namum wakapolres meminta untuk segera ibadah dan bubarkan diri dalam waktu lima menit.

Tiga puluh menit kemudian, sekitar pukul 10.30 WP karena kelamaan dan ibadah tak kunjung dimulai maka aparat masuk paksa ke taman budaya Papua tepatnya di anjungan tempat dimana anggota KNPB kumpul untuk aksi.

Setelah masuk aparat melakukan negosiasi dan polisi suruh mobil komando dan 5 anggota KPNB termasuk warpo wetipo 4 anggota lainnya.

Kemudian sesaat setelah mobil komando diamankan ke Polresta polisi keluarkan gas air mata dengan tujuan untuk memukul mundur pendemo yang melakukan pelemparan lebih awal ke aparat. Dan tidak ada yang korban, baik pihak aparat maupun para pendemo.

Sekitar pukul 11.00 polisi akhirnya berhasil pukul mundur aksi yang dilakukan oleh KNPB.

Setelah 15 menit kemudian polisi dan jubir KNPB, Rocky Medlama melakukan negosiasi dan meminta untuk para pendemo bubarkan diri.

Sesudah aparat meninggalkan Expo, puluhan pendemo melakukan longmarch ke Perumnas III. Longmarch ini kemudian dipimpin oleh wim medlama dan dari perumnas iii terlihat beberapa pimpinan KNPB dan PNWP seperti Wim Medalama, Ones Suhuniap, Buktar Tabuni dan ratusan masayarakat yang ikut demo itu.

Kemudian sekitar pukul 12.00 WP para pendemo membuabarkan diri ke tempat masing-masing dengan tenang.

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Komnas HAM RI Didesak Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Sipil Papua di...

0
“Tindakan dari para pelaku itu masuk dalam kategori penyiksaan. Korban dimasukan dalam drum berisi air dan dianiaya, dipukul, ditendang dan diiris punggungnya dengan pisau. Itu jelas tindakan penyiksaan dan bagian dari pelanggaran HAM berat,” ujar Emanuel Gobay.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.