ArsipJenazah Kenius Tabuni Dimakamkan

Jenazah Kenius Tabuni Dimakamkan

Kamis 2014-02-20 10:26:45

PAPUAN, Jayapura— Jenazah almarhum Kenius Tabuni, S.Th, SH, wakil ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Intan Jaya periode 2009/2014 yang meninggal setelah menderita sakit selama beberapa minggu  pada 18 Februari 2014 meninggal dunia akhirnya dimakamkan di rumah duka pada Kamis (20/2/2014), Kampung Sereh, Sentani, Jayapura, Papua.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Intan Jaya, Manfred Sondegau, S.Pd saat memimpin rapat sidang paripurna DPRD Kabupaten Intan Jaya di rumah duka mengatakan pemerintah dan masyarakat Intan Jaya kehilangan dua putera tebaik daerah kabupaten Intan Jaya. Dimana pada penghujung tahun 2013 anggota DPRD atas nama Benyamin Hogazau, SH meninggal dan pada hari ini Kenius Tabuni, S.Th, SH. Keduanya meninggal karena sakit.

“Almarhum Kenius Tabuni dan Benyamin Hogazau adalah dua putera terbaik asli Intan Jaya yang selalu memberikan kritikan juga solusi. Dan sudah turut memberikan banyak ide-ide cemerlang hingga Intan Jaya menjadi lebih baik seperti saat ini,” kata Manfred Sondegau.

Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni juga mengungkapkan rasa duka atas kepergian Kenius Tabuni. “Kami sebagai keluarga sangat kehilangan sosok Kenius. Pada kesempatan ini saya menyatakan anak-anak yang ditinggalkan oleh almarhum adalah anak-anak kami,” kata Tabuni dalam sambutannya.

Sementara itu, Deerd Tabuni, Ketua DPRP Provinsi Tabuni saat menyampaikan sambutan mengatakan dirinya merasa sangat kehilangan. Dan dia juga mengatakan Kenius adalah anak muda yang pintar dan mahir. “Saya kenal dekat dengan Kenius. Saya tahu persis wataknya. Kami seluruh masyarakat keluarga besar dari Tolikara, Jayawijaya, Puncak Papua, Puncak Jaya dan Lanny Jaya turut berduka,” katanya.

Untuk diketahui, saat pemakaman tadi dihadiri oleh sebagian besar anggota DPRD Kabupaten Intan Jaya, beberapa SKPD Kabupaten Intan Jaya, Bupati dan wakil bupati kabupaten Intan Jaya, ketua DPRP, Pangdam dan beberapa pejabat penting lainnya baik dari Jayapura maupun Intan Jaya.

 

Ini Riwayat Hidup Singkat Kenius Tabuni S.Th, SH

Lahir di Wabui pada tanggal 20 Oktober 1978. Mempunyai dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Ayah Kandung Alm. Akika Tabuni (Hamba Tuhan) dan ibu kandung Agustina Wonda. Tujuh bersaudara. Lima laki-laki dan satu perempuan. Empat orang sudah meninggal dunia, termasuk Almarhum Kenius Tabuni.

Riwayat pendidikan

-    Tamat SD YPPGI HItadipa Kabupaten Paniai pada tahun 1991

-   Tamat SMP Negeri Sugapa Kabupaten Paniai pada tahun 1994

-   Tamat SMA YPPK Adhi Luhur Nabire pada tahun 1997

-   Meraih gelar S.Th dari STT Walter Post Jayapura Kuliah pagi dan meraih gelar SH dari STIH Umel Mandiri Jayapura kuliah sore pada tahun 2006

Pengalaman dalam Organisasi

-  Menjadi Ketua Komunitas mahasiswa dan pelajar puncak jaya se Jayapura periode 2003 sampai 2005 di Jayapura

-  Penah menjadi anggota tim seleksi KPU Kabupaten Puncak Jaya pada tahun 2007

-  Mejabat sebagai ketua DPC Partai Demokrat dari tahun 2009 hingga 2010

-  Mejabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Paniai pada tahun 2009 hingga 2010 sebelum kabupaten Intan Jaya  dimekarkan.

-  Pada tahun 2010 hingga almarhum meninggal, ia mejabat sebagai wakil ketua I DPRD Kabupaten Intan Jaya

 

ARNOLD BELAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Koalisi: Selidiki Penyiksaan Terhadap OAP dan Seret Pelakunya ke Pengadilan

0
“Kami juga mendesak pemerintah untuk menghentikan pendekatan keamanan di Tanah Papua yang selama ini justru menimbulkan korban, dan mendorong Panglima TNI untuk segera melakukan evaluasi internal dan pengawasan yang lebih baik serta memastikan terwujudnya akuntabilitas atas kinerja TNI dan penggunaan kekuatan pasukan TNI di Tanah Papua,” tegas Koalisi Kemanusiaan untuk Papua dalam siaran pers yang dikirim dari Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.