ArsipNoken Jati diri dan Identitas Orang Papua

Noken Jati diri dan Identitas Orang Papua

Sabtu 2014-02-22 13:59:45

Dijunjung dari  pesonanya alam pulau di ufuk timur Indonesia tak hanya mempesona karena alam dan burung Cendrawasih  yang terkenal di tingkat Nasional dan Internasional. Tetapi ada juga benda-benda tersembunyi khas Papua lainnya yakni noken.

Noken adalah tas yang dirajut dari kulit pohon, rumput dan ada juga noken yang di buat dari benang jadi yang bias diperoleh dengan mudah toko dan kios.

Noken alami yang dibuat bahan baku alami  itu tidak sembarang kayu ataupun rumput. Tetapi dari rumput dan kulit kayu pilihan. Proses untuk menjadikan  benang membutuhkan waktu dan proses dengan tangan secara manual oleh ibu-ibu Papua.

Kalau noken modern, untuk mendapatkan bahan dasar tidak menbutuhkan  waktu dan proses yang lama namun bahannya bias diperoleh di took atau kios dan bisa memulai proses anyam atau rajut.

Dari dua bahan dasar noken ini Titus Pekey, Direktur Ecology Papua Institute (EPI) yang juga penggagas noken sebagai warisan budaya dunia di UNESCO pada 4 Desember 2012 lalu mengatakan noken menyatu dengan orang Papua sejak dahulu kala maka harus di lindungi dan lestarikan.

Kita cermati noken dari kedua bentuk dasar tersebut. Ada banyak jenis dan fungsinya. Kalau Bahan dasar yang terbuat dari kuliat kayu dan sejenis rumput, berfungsi sebagai alat atau tempat untuk mengisi bayi, mengisi makanan untuk manusia, mengisi makanan untuk babi, menutup bayi dari ancaman terik mata hari, sebagai pakaian bagi wanita, sebagai alat tukar-menukar barang, sebagai alat membayar maskawin, sebagai topi bagi kaum pria, sebagai tempat mengisi buku, sebagai tempat mengisi HP (Handphone), demikian pulah dengan bahan dasar yang beli langsung di toko atau kios.

Kalau disingkronkan dengan noken modern tidak beda jauh cara penggunaannya hanya saja, ada perbedaan  nilai gaunnya. Sehingga sekalipun kita memakai Noken tapi bisa  membedakan adalah noken asli dan noken modern.

Bukan hanya itu namun ada banyak nilai-nilai  yang tertera pada noken tersebut, dan tergantung dari jenis-jenisnya.

Noken adalah jati diri orang Papua. Harga diri  orang Papua. Identitas orang Papua. Kebudayaan orang Papua yang harus dijaga, dilestarikan, dilindungi, diawasi dan di warisi.

Yang perlu diangkat  adalah pembinaan generasi muda guna pembinaan karakter sebagai jati diri noken sebagai budaya bangsa Papua.  Sebab noken sebagai warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO di Paris, 4 Desember 2012.

 

Pemilihan Umum Sistem Noken

Dalam sejarahnya sistem noken, setidaknya digunakan sejak pemilu Legislatif dan Presiden Indonesia pada tahun 1977/1978, dengan alasan, waktu itu masyarakat di pegunungan sebagian besar masih dalam kondisi buta huruf, buta warna, dan kondisi geografis, karena saat itu untuk wilayah pegunungan tengah hanya kabupaten Nabire dan kabupaten Jayawijaya,

Maka hal itu sangatlah wajar, namun kini bukan lagi seperti dulu, pemekaran Kabupaten sudah sangat pesat di wilayah pegunungan tengah, akses dan geografis tidak seperti dulu lagi, kenapa harus melakukan pemungutan suara dengan sistem noken?.

Sistem noken bukanlah  budaya masyarakat pegunungan secara turun temurun dalam, menunjuk pimpinan mereka. pimpinan/kepala suku  memilih secara demokratis oleh masyarakat. Sistem noken baru di kenal sejak pemilu pertama kali setelah terintegrasi dengan Indonesia, sistem noken merupakan  pendatang baru dari luar  dengan alasan  kondisi geografis dan kondisi masyarakat.

Noken  tidak bisa digodok sistem pemilu legislatif maupun presiden  kalaupun para elit politik berjuang untuk  di legalkan, itu maka perlu ada rekomendasi dari dewan adat, melalui MRP lalu di setujui DPRP. Kalaupun terjadi tapi noken yang mana?  karena dari jenis-jenisnya  ada banyak noken yang bahan darasnya juga berbeda-beda

Kalau sisten noken tetap didorong dan di pertahankan, maka di Papua menjadi rawan konflik dalam pemilu, oleh karena itu dalam jangka panjang untuk menghindari korban baik secara psikologis maupun fisik dalam demokrasi, hukum dan perpolitikan Papua, Sistem Noken harus di bahas yang lebih mendalan lagi. Perlu juag di pikirkan sebab-akibatnya.

Di lihat dari pengalaman pemilukada Gubernur Papua tahun 2013 lalu, sistem noken tetap dilaksanakan di wilayah Pegunuangan, ada banyak masalah di sana,  dan sama halnya sedang melumpuhkan sistem demokrasi di masa depan.

 

Penulis adalah aktivis Papua dari Baptis Voice, Tinggal di Jayapura, Papua.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU...

0
"Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, kami juga turut mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM terutama BBM subsidi, agar dapat dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.