ArsipUP4B Akan Bangun Jalan Asmat-Wamena?

UP4B Akan Bangun Jalan Asmat-Wamena?

Kamis 2012-05-10 16:59:45

“Namun sampai saat ini dana yang akan dialokasikan belum jelas, jadi tunggu saja, kami akan kabarkan kembali.”

Hal ini diungkapkan, Kepala Sekretariat Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat (P4B) Dance Yulian Flassy, yang dirilis Timex, Selasa (9/5) kemarin.

Katanya, yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan adalah jalan darat.

“Kalau ada jalan, harga barang disana tidak tinggi. Karena disana itu daerah pedalaman, jadi hanya bisa dilewati dengan pesawat saja,” ungkapnya.

Jalan penghubung yang rencana dibangun adalah jalan penghubung dari Kabupaten Asmat, Dagu hingga ke Wamena.

Namun, dana yang dibutuhkan, diakuinya masih belum pasti karena katanya masih akan dibahas lebih lanjut.

Seperti diketahui bersama, Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Sosial (Bappenas) mengatakan bahwa akan ada alokasi dana dari Saldo Anggaran Lebih (SAL) APBN-Perubahan tahun 2012 yang rencana akan dialokasikan untuk percepatan pembangunan provinsi papua dan papua barat.

Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menjelaskan kalau fokus dari percepatan pembangunan provinsi papua dan papua barat lebih terfokus pada keterisolasian pada kedua provinsi tersebut maka akan bisa berkembang dengan baik.

Contohnya, daerah pegunungan, aksesnya lumayan susah dan hanya bisa dilalui dengan udara belum lagi ditambah dengan akses jalan yang belum dapat dikerjakan. Untuk itu pihak Bappenas sudah mengajukan anggaran di tahun 2012.

“Jadi intinya kami tidak menunggu tahun 2013,” katanya.

Sementara untuk pembangunan ruas, panjang bahkan lebar jalan, kata Flassy, masih harus dibahas lebih lanjut lagi, dengan harapan pembangunan jalan penghubung antar Asmat-Wamena akan dapat dikerjakan pada awal tahun 2012 ini.

Dapat dinilai bahwa, desakan pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat seakan-akan dipaksakan melalui sebuah program dengan nama UP4B, sementara kejelasan anggaran yang akan dialokasikan hingga sekarangpun belum jelas.

Dan dapatkah UP4B meredam aspirasi rakyat papua?

JUSTINE HOMERS

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

0
“Jadi tidak semua Gubernur bisa menjawab semua itu, karena punya otonomi masing-masing. Kabupaten/Kota punya otonomi begitu juga dengan provinsi juga punya otonomi. Saya hanya bertanggung jawab untuk formasi yang ada di provinsi. Maka ini yang harus dibicarakan supaya apa yang disampaikan ini bisa menjadi perhatian kita untuk kita tindaklanjuti. Dan pastinya dalam Rakor Forkopimda kemarin kita juga sudah bicarakan dan sepakat tentang isu penerimaan ASN ini,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.