Rektor Uncen Dinilai Biarkan Dekan FK Uncen Berkuasa!

0
1093

PAPUAN, Jayapura — Lagi-lagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih (FK Uncen), Selasa (30/10/2014) siang, melakukan aksi demonstrasi dengan menduduki rektorat Uncen, di Perumnas III Waena, meminta meminta rektor mengganti dan melantik dekan FK Uncen.

Pembantu Rektor I Uncen, Ohesimus Sahuleka, saat menemui masa aksi di Rektorat Uncen mengatakan, aspirasi mahasiswa FK Uncen ini sudah ditanggapi oleh pimpinan Universitas.

“Kami sudah pernah melakukan berbagai macam pertemuan dengan mahasiswa maupun dekan fakultas Kedokteran, intinya mahasiswa minta dekan FK Uncen diganti,” kata Sahuleka, di depan rektor Ucen.

Dikatakan, dalam rapat senat juga telah disepakati untuk menonaktifkan dekan FK lama, dan mengangkat Pelaksana Tugas, untuk melaksanakan dan menata kembali Fakultas Kedokteran kedepan.

Sementara itu, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Cenderawasih (BEM Uncen), Yohan Wambitman, mengatakan, masalah FK Uncen memakan waktu yang cukup lama dan mahasiswa sendiri menjadi korban yang ditimbulkan oleh pihak lembaga Uncen yang melakukan proses pembiaran.

“Kalau kita lihat, masalah FK yang diperjuangkan adalah masalah fasilitas, masalah kinerja belajar mengajar, tetapi karena tidak ada perhatian pada saat itu, makanya dia mengarah pada pergantian dekan pimpinan Fakultas Kedokteran sendiri,” kata Yohan.

Lanjut Yohan, masalah tersebut sudah naik ke rektor sebagai pimpinan tertinggi di Uncen, untuk bagaimana mengambil keputusan untuk diganti dekannya.

“Kalau masalah ini dibiarkan, yang menjadi ketakutan kita akan mengarah pada pergantian Rektor, kalau kita lihat sendiri bagian yang kami lakukan ini adalah bagian yang orang bilang akan bisa terjadi kudeta sipil ketika dalam beberapa hari waktu kedepan teman-teman tetap bertahan disini rektorat Uncen dan Rektor tidak datang-datang,” jelasnya.

“Sekarang ini fokus kita bukan ganti dekan lagi tetapi bisa menganti rektor, ditambah dengan sejumlah persoalan yang akhir-akhir ini terjadi di Uncen. Itu sudah membuktikan bahwa Rektor Uncen tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi seama ini,” tegas Yohan.

Dari pantauan suarapapua.com, massa aksi Fakultas Kedokteran Uncen menduduki Gedung Rektorat, dan meminta Rektor Uncen untuk menemui mereka.

AGUS PABIKA