ArsipBuah Ajaib dari Papua untuk Anti Keriput

Buah Ajaib dari Papua untuk Anti Keriput

Senin 2014-12-22 18:09:48

JAKARTA, SUARAPAPUA.com — Buah Merah, tumbuhan asli Papua, yang selama ini diklaim menjadi rahasia tubuh kuat dan sehat masyarakat Papua, ternyata memiliki kejutan lain di dalam buahnya, yakni mampu membuat kulit tubuh tetap awet dan cantik.

“Buah merah memiliki manfaat juga untuk kecantikan,” kata Nyoman Artha, Peneliti Center for Beverages Universitas Surya di Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari cnnindonesia.com.

 

Berdasar penelitian yang dilakukan terhadap warga sekitar, Artha mengatakan, perempuan di Papua menggunakan buah ini sebagai perawatan kulitnya. Buah merah diklaim bisa bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan cuaca ekstrem.

 

“Di pegunungan Papua, cuacanya sangat ekstrem. Jadinya mereka mengoleskan pasta buah merah ini ke kulitnya. Bisa berhari-hari tidak dicuci,” kata Artha.

 

Dijelaskan, buah merah memiliki kandungan pelembab alami yang bisa merawat kulit. Selain itu, daging buah ini berbahan dasar lemak (fat base). Daging buah berbahan dasar lemak ini membuat banyak mikronutrien yang larut dalam lemaknya.

 

“Sehingga kalau pasta yang mengandung lemak itu dioleskan ke kulit untuk lulur, malam hari mereka tidak kedinginan dan siang hari tidak kepanasan,” ujarnya.

 

Pengolesan pasta buah merah di wajah, kata dia, berguna untuk mencegah timbulnya keriput di kulit. Namun, Artha menambahkan, secara ilmiah, buah merah tidak memiliki senyawa khusus yang berperan untuk merangsang pertumbuhan kolagen kulit untuk antiaging.

 

“Tetapi buah ini punya kandungan antioksidan tinggi yang bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Efeknya jangka panjangnya akan membantu menghambat penuaan dini, tapi kalau yang secara langsung untuk aging, tidak ada,” kata Artha yang sudah menetap lama di Papua ini.

 

Selain berfungsi sebagai proteksi terhadap sengatan matahari, buah ini juga memiliki berbagai manfaat lainnya.

 

Menurut Martin Tjahjono, rekan peneliti dari Universitas Surya, minyak dan pasta buah merah juga ampuh digunakan rambut.

 

Masyarakat Papua juga sering menggunakan pasta dan minyak buah ini sebagai obat penumbuh rambut dan antiketombe.

 

“Buah ini mengandung senyawa selenium dan vitamin E yang tinggi. Kandungannya senyawa yang tinggi ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut dan menghilangkan ketombe,” kata Martin.

 

Cara termudah untuk mendapatkan manfaat dari buah merah ini adalah dengan membuatnya jadi pasta. Pasta buah merah bisa didapatkan dengan menghaluskan buahnya dan meremasnya sampai minyak-minyaknya keluar. Pasta inilah yang kemudian bisa dioleskan ke kulit.

 

MIKAEL KUDIAI

Terkini

Populer Minggu Ini:

PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap...

0
“Tujuan dari pra UKW ini, para peserta dapat mengetahui proses uji kompetensi yang akan digelar di Nabire dan Riau,” kata Hendry Ch Bangun sembari berharap semua peserta UKW dinyatakan lulus.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.