ArsipSertifikat Noken Sebagai Warisan Dunia Diserahkan ke MRP

Sertifikat Noken Sebagai Warisan Dunia Diserahkan ke MRP

Selasa 2014-11-04 21:04:00

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Selaku penerima sertifikat noken sebagai warisan dunia dari Unesco, PBB, Titus Pekei, Selasa (5/11/2014) siang, menyerahkan sertifikat tersebut kepada Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib, di halaman kantor MRP, dalam acara budaya yang dihadiri ribuan masyarakat Papua.

Pekei sebelum menyerahkan sertifikat noken mengatakan, sertifikat dari UNESCO yang menetapkan noken sebagai warisan dunia diterima oleh dirinya pada 4 Desember 2012 silam di Paris, Perancis.

 

“Noken adalah jati diri seluruh orang Papua, karena itu kita harus terus menjaga dan merawatnya. Saya harap ini diperhatikan juga oleh semua suku dan adat di tanah Papua," kata Pekei.

 

Titus Pekei, dalam kesempatan tersebut menyerahkan tiga sertifikat noken, masing-masing kepada Ketua Majelis Rakyat Papua, mama-mama pembuat noken yang diwakili oleh mama Ibera Wenda, dan untuk masyarakat adat Papua yang diwakili oleh Aristarkus Marey.

 

Acara dilanjutkan juga dengan pemasangan atau pengantungan Noken oleh pimpinan MRP sebagai simbol MRP menerima dan akan mendorong aspirasi tersebut ke Pemerintah Daerah.

 

Dalam penyerahan aspirasi kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) sekaligus penyerahan Noken yang terdiri dari;

 

Pertama, satu buah noken berukuran 3 meter mewakili salah satu wilayah adat di Papua, diserahkan kepada ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib, oleh mama Lenina Baminggen.

 

Kedua, Enam buah Noken berukuran sedang mewakili enam wilayah adat di Papua, diserahkan kepada Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), Timotius Murib, oleh mama Mince Douw.

 

Ketiga, Empat buah Noken berukuran sedang untuk dijadikan pembungkus cinderamata di MRP di serahkan kepada Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP), oleh mama Yustina Rumboisuri.

 

Keempat, penyerahan cinderamata berupa Noken Papua dari wilayah adat Bomberay, untuk Gubernur Papua yang mewakili Sekda Provinsi Papua, yang di berikan oleh mama Yokbet Wagau/Iba.

 

Lihat foto-foto: HUT MRP dan Hari Budaya Papua ke-IX Digelar Bersamaan

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

AGUS PABIKA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

0
“Jadi tidak semua Gubernur bisa menjawab semua itu, karena punya otonomi masing-masing. Kabupaten/Kota punya otonomi begitu juga dengan provinsi juga punya otonomi. Saya hanya bertanggung jawab untuk formasi yang ada di provinsi. Maka ini yang harus dibicarakan supaya apa yang disampaikan ini bisa menjadi perhatian kita untuk kita tindaklanjuti. Dan pastinya dalam Rakor Forkopimda kemarin kita juga sudah bicarakan dan sepakat tentang isu penerimaan ASN ini,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.