ArsipBila Ingin Papua Tetap Dalam NKRI, Bangun Dengan Hati

Bila Ingin Papua Tetap Dalam NKRI, Bangun Dengan Hati

Senin 2014-11-03 22:27:15

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Indonesia diminta tidak hanya memperhatikan kesejahteraan dan pembangunan infrastruktur di tanah Papua, tetapi harus melihat hak-hak dasar orang Papua yang telah diberikan oleh Tuhan sejak manusia masih di dalam kandungan seorang Ibu.

Pernyataan ini disampaikan pendeta muda Gereja Kemah Injil Indonesia, Josua Yikwa, saat ditemui suarapapua.com, di kediamannya Perumahan PDAM Buper, Waena, Jayapura, Papua, beberapa waktu lalu.

 

“Tuhan mengatakan selagi masih di kandungan, dia sudah mengenal kita, artinya sudah punya rencana untuk kita, karena itu hak-hak kita harus diperhatikan, dan tolong bangun Papua dengan hati, bukan dengan pendekatan keamanan," kata Josua.

 

Dikatakan, melihat kondisi Papua hari ini, terus terjadi berbagai pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan aparat pemerintah Indonesia, karena itu perlu mendapatkan perhatian yang serius, jika masih menginginkan Papua di dalam NKRI.

 

”Pelanggaran hak hidup orang Papua dirampas, kekayaan alam diambil, maka kalau kita lihat kenyataan yang terjadi di tanah ini, kita seperti seorang pendatang dari negeri lain.”

 

"Sementara pemerintah mengatakan bahwa Otsus solusi terbaik untuk mensejahterakan orang Papua, memang betul, tetapi jika masih saja terus terjadi korupsi, maka tidak ada artinya untuk orang Papua," tegasnya.

 

“Kalau mau bicara solusi setiap orang punya persepsi tersendiri, contoh saja Jakarta berpikir bahwa Otsus itu solusi bagi orang Papua, tetapi kenyataannya Otsus telah gagal. Gagal karena banyak pejabat Papua yang rakus dengan uang rakyat.”

 

Dia berharap, para koruptor yang selama ini melakukan korupsi terhadap uang-uang rakyat dapat ditangkap, agar kesejahteraan masyarakat Papua benar-benar terjamin.

 

“Kalau bilang Otsus solusinya, buktikan dulu, tangkap tikus-tikus yang rampas uang rakyat, dan masuk di penjara, biar kesejahteraan akan nyata,” tegasnya.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

AGUS PABIKA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ini Situasi Paniai Sejak Jasad Dandramil Agadide Ditemukan

0
"Jangan [gelar aksi] tiba-tiba - itu saja. Kalau mau melakukan pengejaran, aparat harus sampaikan ke pemerintah supaya diumumkan ke masyarakat. Maksudnya selama pengejaran masyarakat harus tinggal di mana seperti itu, supaya aman. Ini saya sampaikan salah satu solusi terbaik supaya tidak ada masyarakat yang dikorbankan," tukasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.