ArsipJurnalis Asal Perancis “Diamankan” di Polda Papua

Jurnalis Asal Perancis “Diamankan” di Polda Papua

Kamis 2014-08-07 09:06:00

PAPUAN, Jayapura – Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Kamis (06/8/2014) malam, mengamankan seorang jurnalis asal Perancis, Thomas Charles (40), yang diduga sedang melakukan peliputan di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Kapolres Wamena, AKBP. Adolof Beay ketika dikonfirmasi suarapapua.com, dari Jayapura, sore tadi, membenarkan informasi tersebut.

 

“Dia menggunakan visa turis, tapi melakukan kerja, karena itu kami amankan dia. Awalnya mengaku sebagai turis, tapi belakangan mengaku juga sebagai wartawan,” kata Kapolres.

 

Lanjut Kapolres, wartawan yang bersangkutan saat ini telah diamankan di Markas Kepolisian Daerah Papua, dan sedang diminta keterangan terkait aktivitasnya di Papua.

 

“Bisa segera tanyakan kepada Polda Papua. Karena yang bersangkutan sudah diamankan di Jayapura sejak tadi siang,” katanya.

 

Menurut Kapolres, aparat kepolisian mengamankan yang bersangkutan saat sedang mengendarai sepeda motor dengan masyarakat setempat.

 

“Kami sudah pantau sejak awal, dan ditangkap saat sedang naik motor dengan masyarakat lokal,” kata Kapolres.

 

Sekedar diketahui, setiap wartawan yang ingin melakukan peliputan di tanah Papua harus mendapat ijin dari Kementerian Luar Negeri.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

0
“Kepala suku jangan membunuh karakter orang Abun yang akan maju bertarung di Pilkada 2024. Kepala suku harus minta maaf,” kata Lewi dalam acara Rapat Dengar Pendapat itu.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.