ArsipSambut Dies Natalis ke-20 IPMPKDJ, Berbagai Jenis Lomba Digelar

Sambut Dies Natalis ke-20 IPMPKDJ, Berbagai Jenis Lomba Digelar

Kamis 2015-02-19 02:02:45

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Menyambut perayaan dies Natalis ke-XX Ikatan Pelajar Mahasiswa dan Pemuda Katolik Dekenat Jayawijaya (IPMPKDJ) di Jayapura, pengurus bersama panitia menggelar beberapa jenis perlombaan dan kegiatan untuk pelestarian nilai-nilai hidup Katolik Balim.

Acara pembukaan dibuka langsung oleh Pastor Wilem Pr, selaku pembina, Kamis (19/2/2015) sore. Pastor Willem memberikan apresiasi kepada badan pengurus, serta panitia yang telah mengambil inisiatif untuk menggelar berbagai jenis kegiatan.

 

“Saya berharap wadah ini lahir untuk menjawab tuntutan kebutuhan akan keimanan dan intelektualitas manusia balim yang semakin goyah diterpa kencangnya arus globalisasi,” kata Pastor Wilem.

 

Menurut Pastor, kegiatan yang digelar merupakan proses pembentukan dan pengkaderan manusia Katolik Balim yang berkualitas dalam intelektualitas, spiritualitas dan moralitas.

 

Sementara itu, Panitia perlombaan Dies natalis ke-XX IPMPKDJ di Jayapura, Fengky Surabut mengatakan, tujuan dari kegiatan lebih pada pelestaraian nilai-nilai hidup Katolik dan mengasah wawasan intelektualitas.

 

“Tujuan pergelaran lomba-lomba ialah melatih dan mempertahankan nilai-nilai budaya orang katolik di Balim Papua, serta mengasah kemampuan intelektualitas setiap pribadi anggota IPMPKDJ untuk siap siaga menghadapi perubahan zaman,” katanya.

 

Ia juga menambahkan, untuk meningkatkan nilai spiritualitas, setiap anggota harus membangkitkan semangat inkulturasi dalam lembaga gereja Katolik.

 

“Untuk sasaranya kaum pelajar, mahasiswa serta pemuda, terutama bagi anggota IPMPKDJ yang selama ini aktif maupun tidak aktif," tegasnya.
 

Adapun sembilan paroki sedekenat Jayawijaya yang berdomisili di kota studi Jayapura dan sekitarnya yang terdata, juga peserta dari dekenat lain di keuskupan Jayapura.

 

Paroki-paroki se Dekenat Jayawijaya yang dimaksud terdiri dari;

  1. Paroki Kristus Jaya Wamena
  2. Paroki Terang Dunia Yiwika
  3. Paroki St. Emanuel Elagaima
  4. Paroki Bunda Maria Pikhe
  5. Paroki St. Stevanus Kimbim-Wogi
  6. Paroki Kristus Gembala Baik Pugima
  7. Paroki Kristus Penebus Telnyapikhe Hepuba
  8. Paroki St. Paulus Welesi
  9. Paroki St. Fransiskus Asisi Musakfak

Sedangkan jenis-jenis kegiatan perlombaan yang akan digelar oleh panitia penyelenggara, antara lain;

  1. Lomba lagu ratapan/tangisan (De isa)
  2. Lomba membaca puisi dalam bahasa Balim
  3. Lomba membaca Kitab Suci bahasa Balim
  4. Lomba debat dengan topik nilai-nilai hidup Balim Papua “Minuman Keras”.
  5. Lomba presentase setiap jurusan/bidang
  6. Lomba Nyanyi vokal group.

Untuk diketahui, kegiatan perlombaan dies natalis ke-20 IPMPKDJ di Jayapura dimulai pada tanggal 19 hingga 28 Februari 2015 mendatang di aula SMA Taruna Bakti Waena, Papua.

 

Editor: Oktovianus Pogau

 

AGUS PABIKA

Terkini

Populer Minggu Ini:

Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

0
“Keberhasilan kami sebagai perusahaan adalah ketika masyarakat di lingkungan sekitar area operasional meningkat taraf hidup dan kesejahteraannya. Kami terus bertumbuh dan berkembang bersama Papua hingga selesainya operasi penambangan pada 2041,” kata Tony.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.