ArsipMasyarakat Sipil di Jayapura Gelar Ibadah Penguatan Kepergian Dr. Ondowame

Masyarakat Sipil di Jayapura Gelar Ibadah Penguatan Kepergian Dr. Ondowame

Senin 2014-09-08 23:03:15

PAPUAN, Jayapura — Bertempat di Aula Sekolah Tinggi Theologia (STT) Isak Samuel Kijne, Abepura, Jayapura, Papua, Senin (08/9/2014) sore, ratusan masyarakat sipil di Kota Jayapura berkumpul gelar ibadah penguatan kepergian tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM), Dr. Jhon Otto Ondawame.

Pdt. Jhon Baransano, dalam renungan khotbahnya mengatakan, kepergian almarhum tidak boleh menyurutkan semangat pejuang-pejuang Papua untuk terus berjuang agar dapat bebas dari penjajahan.

 

“Kita ini akan menjadi Irak kedua, kita dijajah dan ditindas karena kekayaan alam kita Kapitalisme akan terus menguasai, makanya perjuangan harus terus dilakukan,” tegasnya.

 

Dikatakan Pdt. Jhon, dirinya mengenal sosok almarhum sebagai figur yang santun, hormat, dan memikirkan persatuan rakyat Papua untuk sebuah pembebasan nasional.

 

Terbukti, beliau menginisiasi terbentuknya West Papua National Coalition for Liberation (WPNCL), yang terdiri dari puluhan organisasi perjuangan di tanah Papua.

 

Selain itu, lanjut Pdt. Jhon, almarhum juga tampil menyelesaikan berbagai perbedaan diantara perjuangan rakyat Papua, dan dengan sifat kebapaan dapat merangkul semua pejuang Papua Merdeka di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

“Beliau selalu menyerukan persatuan diantara organ-organ di tanah Papua. Karena itu, kepergiaan almarhum kita harus jadikan moment untuk menyatukan kita semua,” tegasnya.

 

Kepergian seorang tokoh Papua, yang juga intelektual dari Australia National University, Jhon mengatakan akan muncul pengganti beliau dengan jumlah yang berlipat ganda di Papua.

 

“Beliau pergi meninggalkan kita saat ini, tapi akan muncul ratusan Jhon-Jhon lainnya yang berjuang dan mengabdikan diri untuk perjuangan pembebasan nasional bangsa Papua Barat,” tegasnya.

 

Pantauan suarapapua.com, beberapa tokoh Papua tampak hadir dalam acara ini, seperti Ketua Sinode Gereja Kingmi Papua, Pdt. Benny Giay, tokoh TPN/OPM Albert Kailele, Ketua KNPB Victor F. Yeimo, dan beberapa pimpinan LSM.

 

Dr. Ondawame meninggal di Rumah Sakit Umum Port Villa, Vanuatu, pada 4 September 2014. Lahir pada 30 November 1953, di Wanamun, Timika, Papua.

 

OKTOVIANUS POGAU

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU...

0
"Selain menggandeng Pemprov, Pemda, dan aparat untuk melakukan pengawasan, kami juga turut mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan BBM tepat sasaran. Jika masyarakat menemukan adanya penyalahgunaan dalam distribusi BBM terutama BBM subsidi, agar dapat dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Sunardi.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.