ArsipCapilduk Jayawijaya Siapkan 50 Petugas Register Kependudukan

Capilduk Jayawijaya Siapkan 50 Petugas Register Kependudukan

Selasa 2015-02-24 18:28:15

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Guna mempermudah proses registrasi administrasi kependudukan di Kabupaten Jayawijaya, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Capilduk) Jayawijaya membentuk petugas register di tingkat distrik se-Kabupaten Jayawijaya sebanyak 50 petugas.

Kepala Capilduk Jayawijaya, Didrex Aronggear mengatakan, saat pertemuan dengan kepala-kepala distrik beberapa waktu lalu, pihaknya telah menentukan 50 orang petugas sebagai petugas register di setiap distrik.

 

“Para petugas yang sudah ditentukan beberapa waktu lalu akan diberi pelatihan oleh petugas Dirjen pada tanggal 10-11 Maret 2015,” ungkap Aronggear, kepada suarapapua.com di Wamena, Kamis (19/2/15) siang.

 

Aronggear mengatakan, tugas para register ialah mencatat semua data penduduk setiap hari, baik data kelahiran, kematian, perpindahan penduduk dan sebagainya yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

 

“Jadi jika dalam satu bulan itu ada yang meninggal dan lahir, kami akan terbitkan akte, tetapi dengan catatan mereka itu telah memenuhi syarat, seperti surat keterangan nikah dari gereja jika ada yang lahir," ungkapnya.

 

Aronggear menambahkan, para petugas itu akan ditugaskan dengan SK Bupati Jayawijaya, dengan honor yang ditentukan, tetapi jika tidak melakukan pelaporan secara rutin, honor tersebut tidak akan dibayarkan.

 

Lebih jauh kata Aronggear, untuk penempatan petugas di setiap distrik akan disesuaikan. Artinya, jika dalam satu distrik jumlah kampungnya lebih dari 11 hingga 13 akan ditempatkan petugas sebanyak 2 orang, bila hanya 10 kampung dalam satu distrik, maka akan ditempatkan hanya 1 orang petugas.

 

“Selain itu, dengan terbentuknya para petugas register ini, formulir F101 untuk pengurusan KTP akan kami serahkan ke tingkat distrik, agar masyarakat yang hendak mengurus KTP bisa dilayani disana sebelum ke dinas,” pungkas Aronggear.

 

Editor: Mikael Kudiai

 

ELISA SEKENYAP

Terkini

Populer Minggu Ini:

Freeport Setor Rp3,35 Triliun Bagian Daerah atas Keuntungan Bersih 2023

0
“Keberhasilan kami sebagai perusahaan adalah ketika masyarakat di lingkungan sekitar area operasional meningkat taraf hidup dan kesejahteraannya. Kami terus bertumbuh dan berkembang bersama Papua hingga selesainya operasi penambangan pada 2041,” kata Tony.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.