ArsipDua Gol Boaz Salossa Hantar Persipura ke Final ISL

Dua Gol Boaz Salossa Hantar Persipura ke Final ISL

Rabu 2014-11-05 07:30:15

PALEMBANG, SUARAPAPUA.com — Persipura Jayapura melaju ke final Indonesia Super League (ISL) 2014, setelah berhasil menumbangkan Pelita Bandung Raya 2-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Selasa (4/11/2014). Kapten Boaz Solossa menjadi bintang kemenangan Persipura lewat dua gol yang dicetaknya.

Persipura sempat dibuat kesulitan oleh PBR. Juara bertahan LSI itu baru bisa memecah kebuntuan di pertengahan babak kedua. Boaz berhasil memborong dua gol kemenangan Persipura pada menit ke-69 dan 71.

 

Kemenangan ini membuat tim Mutiara Hitam berhak melangkah ke final LSI 2014 dan akan menghadapi Persib Bandung yang berhasil mengalahkan Arema Cronus.

 

Persipura hingga kini masih tercatat sebagai klub tersukses di pentas LSI. Tim asal Papua itu sudah mengoleksi tiga gelar LSI pada musim 2008/2009, 2010/2011 dan 2013.

 

Jalannya pertandingan

 

PBR mampu mengimbangi permainan Persipura di babak pertama. Peluang pertama didapat Persipura saat pertandingan berjalan delapan menit. Sebuah umpan silang dari Yustinus Pae dari sisi kiri pertahanan PBR, mampu dilanjutkan Boaz lewat sundulan. Namun, bola sundulan kapten Persipura itu tidak tepat sasaran.

 

PBR meresponnya lewat peluang David Laly pada menit ke-11. Mantan pemain Timnas Indonesia U-23 itu melepaskan tendangan kaki kiri dari sudut sempit. Bola sempat gagal diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Persipura, Dede Sulaiman. Namun, bola rebound gagal dimanfaatkan Bambang Pamungkas.

 

Persipura kembali mengancam pada menit ke-17. Usai menerima umpan sodoran Imanuel Wanggai, Roberto Pugliara langsung melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola masih bisa diblok kiper Deniss Romanovs dan hanya menghasilkan sepak pojok.

 

Kiper Dede Sulaiman melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-26. Pengganti Yoo Jae Hoon itu menggagalkan peluang Wildansyah dalam duel satu lawan satu.

 

Sepuluh menit kemudian, giliran Romanovs yang melakukan penyelamatan penting. Kiper asal Latvia itu mampu memblok tendangan Boaz dari dalam kotak penalti. Skor kacamata bertahan hingga jeda babak pertama.

 

Pertandingan babak kedua kembali berlangsung menarik. Pugliara hampir membobol gawang PBR pada menit ke-50. Namun, tendangan pemain asal Argentina itu usai menerima umpan Boaz masih mengarah tipis di sisi kiri gawang PBR.

 

Persipura akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-69. Berawal dari kesalahan David Laly yang kehilangan bola di tengah lapangan, Boaz berhasil memberi umpan ke Ronny Beroperay di sisi kanan pertahanan PBR.

 

Ronny kemudian memberikan umpan tarik ke Boaz. Lolos dari penjagaan Nova Arianto, Boaz mampu membobol gawang Romanovs lewat tendangan kaki kiri ke pojok kiri bawah.

 

Boaz mencetak gol keduanya tiga menit kemudian. Penyerang 28 tahun itu menyarangkan bola ke pojok kiri atas gawang Romanovs lewat tendangan bebas. Itu merupakan gol kesembilan Boaz di LSI musim ini.

 

Persipura hampir mencetak gol ketiga pada menit ke-81 melalui Ferinando Pahabol. Sayang, tendangan cungkil penyerang mungil itu masih tipis di sisi kiri gawang Romanovs. Kedudukan 2-0 untuk Persipura bertahan hingga akhir pertandingan.

 

Susunan pemain

 

Persipura: Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Bio Paulin, Dominggus Fakdawer, Ronny Beroperay; Imanuel Wanggai (Nelson Alom, 86'), Lim Jun-sik, Robertino Pugliara, Gerald Pangkali (Ferinando Pahabol, 54'), Ian Louis Kabes; Boaz Solossa (Ricky Kayame, 81').

 

PBR: Deniss Romanovs; Dias Angga Putra, Hermawan, Nova Arianto, Wildansyah; Kim Jeffrey Kurniawan, Rizky Pellu (Wawan Febrianto, 65'), Iman Faturohman, David Laly (Boban Nikolic, 77'), T.A Musafri, Bambang Pamungkas.

ADMIN

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Mengutuk Tindakan TNI Tak Berperikemanusiaan di Puncak Papua

0
“Mengutuk keras tindakan militer Indonesia terhadap warga sipil seperti ini di West Papua. Tindakan macam ini telah melanggar nilai kemanusiaan. Hukum manapun tidak membenarkan tindakan penyiksaan keji seperti terlihat dalam dua cuplikan video yang sedang viral,” ujar Menase Tabuni, presiden eksekutif ULMWP.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.