Inilah yang akan Dibahas dalam Rakorda Demokrat Papua

0
764

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 11 kabupaten/kota, sosok yang tepat dampingi Lukas Enembe pada pencalonan gubernur periode kedua dan target memenangkan Pilkada di Kota Jayapura pada 2017.

Beberapa hal inilah yang akan dibahas dalam rapat koordinasi daerah (Rakorda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Papua pada 1-3 Mei mendatang di Sahid Hotel, Kota Jayapura.

“Rakorda ini sebenarnya harusnya dilakukan pada Maret lalu, namun baru bisa dilaksanakan pada awal Mei,” kata Alberth Bolang, ketua panitia Rakorda DPD Demokrat Provinsi Papua di Kota Jayapura, Jumat (21/4/2016).

Menurut dia, Rakorda itu merupakan salah satu keputusan dalam kongres ke IV di Surabaya, Jawa Timur pada beberapa waktu lalu, dengan tujuan bagaimana merapatkan barisan memenangi pesta demokrasi yang akan digelar secara serentak pada 2017.

“Intinya, bagaimana Demokrat Papua menerapkan strategi pemenangan pada Pilkada 2017, Pilgub 2018 dan bagaimana menyiapkan kader-kader yang mempunyai elektabilitas baik dan tinggi, sehingga target menang di 11 kabupaten/kota bisa disapu bersih,” jelasnya.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Mimika itu juga menyinggung soal siapakah yang layak dan tepat mendampingi Lukas Enembe pada Pilgub dua tahun kedepan didalam Rakorda tersebut.

“Sementara untuk di Kota Jayapura, yang juga ikut Pilkada serentak sudah diputuskan bahwa Demokrat harus menang, karena Kota Jayapura menjadi barometer bagi kabupaten/kota daerah lainnya di Papua,” ujar Alberth.

Sedangkan, dua kader partai berlambang bintang mercy yang telah menyatakan diri siap jadi bakal calon di Pilkada Kota Jayapura yakni Boy Markus Dawir dan Frans Willem Ansanay, Alberth mengaku bahwa belum diputuskan siapa yang akan didorong.

“Partai belum memutuskan, tetapi mereka berdua merupakan kandidat dan kader terbaik yang dimiliki Demokrat. Boy Markus Dawir lebih diuntungkan dengan sayap organisasi yang kebetulan sama singkatannya, BMD. Bisa Barisan Massa Demokrat dan bisa Boy Markus Dawir,” katanya.

Kembali ke Rakorda, Alberth yang juga anggota bidang hukum di DPD Partai Demokrat Provinsi Papua mengemukakan bahwa pada kegiatan tersebut akan dihadiri oleh anggota dan pimpinan DPRP, DPRD, DPR RI, bupati, wakil bupati dan simpatisan partai.

“Nah, disini kami akan bahas sejumlah hal yang disebutkan tadi. Juga meminta saran dan masukan terkait figur-figur yang tepat dan layak diusung oleh partai pada pesta demokrasi 2017 dan siapa yang tepat dampingi Lukas Enembe yang tetap dicalonkan sebagai gubernur Papua periode berikutnya, karena beliau masih sentral dalam partai,” kata Alberth.

 

Editor: Arnold Belau

LINCOLD ALVI