BeritaTokoh Gereja Minta Tito Karnavian Hentikan Arogansi Anggotanya di Papua

Tokoh Gereja Minta Tito Karnavian Hentikan Arogansi Anggotanya di Papua

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Tokoh Gereja Papua, Pater John Djonga mengapresiasi Presiden RI, Joko Widodo yang dengan tegas mengajukan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri baru.

ā€œYang pertama saya salut sama Jokowi yang berani melanggar satu tradisi dalam kepolisian untuk melangkahi lima tingkat di atas dia (Tito Karnavian) untuk mengajukan sebagai Kapolri. Ini menurut saya kehebatan seorang presiden,ā€ kata Pater John di Wamena, Rabu (22/6/2016).

Langkah ini diambil Presiden, menurutnya, karena sudah melihat kehebatan, kredibilitas dan kepemimpinan seorang Tito Karnavian yang luar biasa untuk mengungkap kasus-kasus yang sulit di setiap tugas yang diemban.

Baca Juga:  Jawaban Anggota DPRP Saat Terima Aspirasi FMRPAM di Gapura Uncen

Namun demikina, pesan Pater, jika benar-benar Kapolri dijabat oleh Komjen Tito Karnavian, tindakan-tindakan semena-mena yang diambil aparat kepolisian di Papua selama ini harus segera dihentikan.

ā€œTetapi yang kita tahu, Tito Karnavian yang pendekatannya begitu manusiawi jangan dirusak oleh setiap Kapolres di Papua dengan anak-anak buahnya di masing-masing daerah. Yang mana selama ini mereka lakukan begitu arogan, emosional, tindakan yang menurut saya tidak berdasar menurut data-data.ā€

ā€œContoh di Wamena, dalam 1 tahun tindakan polisi yang di pra-peradilankan walaupun kami kalah, tetapi itu satu sejarah polisi tidak bisa sewenang-wenang lagi dalam mengambil tindakan. Seperti pencuri, tetapi belum jelas sudah dengan tindakan menembak dan menangkap tanpa dasar itu kan sudah salah,ā€ tuturnya.

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

Sehingga, diharapkan dengan adanya Kapolri baru bisa menangani peristiwa-peristiwa kekerasan dan penanganan aksi demo maupun kasus sosial masyarakat.

ā€œKarena beliau (Tito Karnavian) pernah menjabat Kapolda Papua, sehingga lebih khusus memperhatikan kasus-kasus kekerasan di Papua, terutama situasi Papua yang saat ini dalam situasi darurat dan emergensi,ā€ harapnya.

Sementara, dilansir beritasatu.com, Kamis (23/6/2016), Komisi III DPR RI telah menyetujui mengangkat Komjen Tito Karnavian sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun.

Baca Juga:  MRP dan DPRP Fraksi Otsus se-Tanah Papua Minta Jokowi Terbitkan Perppu Hak Politik OAP

Persetujuan itu diambil 10 fraksi di Komisi III usai pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

ā€œSeluruh anggota komisi III mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Badrodin Haiti sebagai Kapolri dan pengangkatan Tito Karnavian sebagai Kapolri yang selanjutnya akan ditetapkan dalam paripurna. Apakah dapat disetujui?ā€ ujar ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatya meminta persetujuan anggota legislator.

ā€œSetuju,ā€ jawab anggota komisi.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Editor: Mary

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

0
"Namun sayangnya, sejak aksi dari pagi hingga pukul 13:00 siang, Pencaker tidak bisa bertemu dengan Pj Gubernur, sehingga kamiĀ  Pencaker bersepakat untuk memalang Kantor Gubernur secara adat," tegasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.