Selama Lebaran, Tetap Ada Pelayanan Kesehatan

0
2852

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, akan tetap melayani pasien ketika memasuki libur lebaran hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah pada pekan depan.

Benjamin Siwabessy, kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kantor cabang Wamena, mengatakan, menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H, BPJS Kesehatan membuat program “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”, yang merupakan kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta BPJS dalam hal penjaminan kesehatan.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Ia menjelaskan, para peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik lebaran dijamin memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang ada. Sehingga dihimbau kepada peserta BPJS untuk selalu membawa kartu JNK-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

“Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik tetap bisa berobat di luar wilayah kepesertaannya tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Untuk prosedurnya, peserta BPJS Kesehatan dapat langsung mengunjungi UGD rumah sakit terdekat, seperti RSUD Wamena,” kata Siwabessy kepada wartawan di Wamena, Rabu (29/6/2016).

Baca Juga:  Warga Tiom Ollo Duduki Kantor Bupati Lanny Jaya Minta Atasi Bencana Longsor

Menurutnya, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan itu berlaku sejak H-7 hingga H+7 lebaran. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta BPJS Kesehatan yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan.

ads

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang berstatus aktif dan selama peserta BPJS Kesehatan mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku,” jelas Siwabessy.

Baca Juga:  Panglima TNI Didesak Tangkap dan Adili Prajurit Pelaku Penyiksa Warga Sipil Papua

Sementara, Direktur RSUD Wamena, dr. Indra Jaya mengakui, selama masa libur lebaran yakni seminggu sebelum dan sesudah lebaran tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk kesiapan di rumah sakit, kata Indra, selama lebaran pihaknya menyiapkan 12 dokter, perawat dan bidan, serta persediaan obat-obatan yang cukup.

“Intinya, kita siap bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dalam masa lebaran ini,” pungkasnya.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnya5 Obyek Wisata Terpopuler yang Ada di Paris, Perancis
Artikel berikutnyaWarinussy: PBB Segera Keluarkan Resolusi Soal HAM di Tanah Papua