Dewan Gereja-gereja Pasifik Tetap Mendukung West Papua Kembali ke Keluarga Pasifik

0
5389

SUVA, SUARAPAPUA.com — Sekretaris Jenderal Pacific Conference of Churches (PCC), Rev. Francois Pihaatae menegaskan, PCC tetap pada pendirian untuk tetap mendukung West Papua kembali ke keluarga Melanesia di Pasifik, dengan kondisi kenyataan pemimpin Negara-negara di Pasifik setelah akhir pertemuan Pacific Island Forum (PIF) yang kurang konsisten.

“Ini bertanda bahwa penting untuk PCC membawa kembali West Papua ke wilayah sesungguhnya di Pasifik. Ini adalah pendirian kami, statement dan afirmasi kami untuk melakukan setiap waktu bahwa West Papua adalah miliknya Pasifik, tidak Indonesia. Jadi, yang bersifat politik tinggalkan dari sini. Biarkan rakyat memperoleh kedaulatan (sovereignty) di rumah mereka, terutama di Pasifik,” kata Francois kepada suarapapua.com, Kamis (22/9/2016) di Suva, Fiji.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Dijelaskan, pada tahun 2015 ia menghadiri pertemuan Christian Conference of Asia di Jakarta dan pada pidatonya menyampaikan agar CCA mendukung isu kemanusiaan di West Papua, namun hasil pertemuan tersebut tidak ada pendirian yang tetap.

“Tahun 2015 saya menghadiri Christian Conference of Asia di Jakarta dan pada pidato saya menyampaikan agar CCA mendukung isu West Papua. Tetapi karena pimpinan CCA dari Indonesia, sehingga tidak berjalan baik. Jadi, hasil pertemuannya hanya satu dua kata saja, bahwa kita perlu mendoakan West Papua. Itu saja dan CCA tidak ada posisi dukungan yang jelas,” katanya.

Tetapi, kata dia, pihak PCC tetap pada posisinya untuk mendukung West Papua. “Kami tetap pada posisi walaupun dengan cara bagaimana dan sejauhmana mereka membawa kami, tetapi dukungan kami kepada West Papua sebagai keluarga Pasifik untuk mendapatkan kebebasan kami tetap akan maju dan tetap pada posisi kami,” pungkasnya.

ads
Baca Juga:  Mahasiswa Papua Minta Presiden Jokowi Copot Jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih

Sementara, pada waktu pertemuan World Council of Churches Center Comite di bulan Juni lalu sempat mendorong isu West Papua dan akhirnya World Council of Churches (WWC) manage untuk mendukung isu West Papua dan mengirim kelompok solidaritas.

“Sebelumnya, WCC tidak bicara mengenai isu West Papua,” tukasnya.

Ketika ditanya mengenai posisi Australia dan New Zealand yang tidak bicarakan isu West Papua di pertemuan PIF ke-47 di Micronesia belum lama ini, kata dia, pihaknya tidak begitu tahu soal itu, tetapi kemungkinan besar ada kepentingan ekonomi di West Papua.

Baca Juga:  Bainimarama dan Qiliho Kembali Ke Pengadilan Tinggi Dalam Banding Kasus Korupsi

“Ya kurang begitu tahu, tetapi jelaslah kalau Australia memiliki kepentingan ekonomi di West Papua yang di dalamnya ada Amerika, Belanda dan negara lainnya. Tetapi saya tidak tahu dengan posisi New Zealand,” jelas Francois.

Ia juga mengakui, bahwa pihaknya secara individu terus melakukan lobi kepada pemimpin negara mereka masing-masing.

“Seperti saya dari France Polynesia, jadi saya bicara pada presiden kami yang telah menghadiri pertemuan PIF di Micronesia baru-baru ini untuk menerima kami sebagai anggota. Kita senang karena juga masuk sebagai anggota di forum Pasifik, sehingga itu lebih baik untuk kami melakukan lobi ke pemimpin politik kami untuk mendukung isu West Papua,” tuturnya.

Pewarta: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaPapua: Reformasi Rezim Istilah
Artikel berikutnyaYakobus Dumupa-Oskar Makai Daftarkan Diri ke KPU Dogiyai