Kontingen Paniai Siap Tampil Terbaik di FSKP XVII

0
138

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Selpianus Walai Mote, ketua kontingen Kabupaten Paniai, menyatakan kesiapannya mengikuti Festival Seni Kreasi Papua (FSKP) XVII yang akan berlangsung di Biak Numfor, 2-6 November 2016.

Kata Walai, tim Paniai akan tampilkan semua paket lomba sebagaimana telah ditetapkan panitia pelaksana festival di Biak.

“Sesuai juknis yang kami dapat dari panitia, ada delapan paket lomba seni kreasi. Sesuai itu kami siap tampil,” ujarnya kepada wartawan di Nabire sebelum bersama kontingen “terbang” ke Biak.

Adapun delapan paket lomba itu, tari balada Cenderawasih dan hasil garapan seniman tari kreasi balada Cenderawasih, sosio drama, pop singer, pop song, lomba desain burung Cenderawasih, imitasi burung Cenderawasih, serta penataan pameran.

Menurut Mote, kontingen Paniai akan mengambil bagian semua jenis lomba. Sebab, kata dia, persiapan sudah dilakukan jauh hari.

“Kami lakukan persiapan dari dua bulan lalu. Saya rasa kami sudah siap betul dan siap mengisi semua cabang seni. Penari ada 20 orang, tambah 15 orang official,” jelasnya.

Ditegaskan, ia bersama kontingennya telah berkomitmen akan menampilkan yang terbaik demi nama baik daerah Paniai.

“Juara bukan ukuran bagi kami. Membawa nama baik itu yang terpenting. Makanya, kami akan tampil sebaik mungkin,” ujar Mote.

Ia juga tak lupa ucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama pemerintah daerah yang telah memberi dukungan kepada kontingen.

“Untuk Pemda Paniai, kami sampaikan terimakasih karena lewat bantuan danannya kami bisa ikut ajang ini. Kami juga berterimakasih kepada semua pihak yang akan mendukung kami dalam doa,” tutur Walai.

Senada, Paulus Nawipa, salah satu penari, mengaku siap tampil maksimal demi mengangkat seni Paniai.

“Kami siap tampil di Biak, akan tunjukkan yang terbaik. Biar semua tahu bahwa kami juga bisa,” kata Nawipa.

Soal kesiapan, ia pun tak ragukan lagi. Apalagi persiapannya sudah dilakukan selama dua bulan lebih.

“Kalau soal kesiapan, saya tidak ragukan. Tarian seperti begini bukan baru buat kami. Kami sudah biasa ikut sebelumnya,” ucap Paul.

Selain Paniai, beberapa kabupaten/kota lain juga akan ambil bagian di ajang ini. Antara lain Deiyai, Mimika, Asmat, Tolikara, Puncak, Puncak Jaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Keerom, Sarmi, Jayapura, Nabire, Waropen, Yapen, Supiori, Yapen, dan tuan rumah Biak Numfor.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Mary Monireng