GERBANGMAS HASRAT PAPUA di 2017 Diarahkan untuk Peningkatan Kualitas Hidup OAP

0
0

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe pekan kemarin pada pidato akhir tahun 2016 dan menyambut tahun 2017 menekankan bahwa salah satu program strategis selama menjabat sebagai gubernur Papua yaitu Gerakan Bangkit, Mandirti dan Sejahtera Harapan Seluruh Rakyat Papua (GERBANGMAS HASRAT PAPUA) pada tahun 2017 akan difokuskan pada peningkatan kualitas hidup Orang Asli Papua (OAP).

“Fokus Pembangunan di tahun 2017 diarahkan untuk sebesar-besarnya berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Papua, khususnya Orang Asli Papua. Kita akan fokuskan pada perwujudan GEMAS (Generasi Emas Papua), perwujudan BERDAYA EKOMAS (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat), serta  Perwujudan Pemenuhan Infrastruktur dan Prasarana Dasar,” ujar Bapak Gubernur.

Selama tahun 2016 capaian-capaian program GERBANGMAS HASRAT PAPUA tergambar pada peningkatan beberapa sektor penting, seperti kesatahatan dan pendidikan. Bapak Gubernur menyampaikan bahwa terjadi peningkatan angka Harapan Hidup Penduduk Papua menjadi 64.31, Demikian pula angka Kematian Bayi yang terus menurun.

- Event -
Festival Film Papua

“Angka Kematian bayi di papua tahun 2015 hanya 45 kematian per 1.000 kelahiran atau turun 13,9 persen dibandingkan Angka Kematian Bayi tahun 2012,” tegas Enembe.

Hal ini, lanjut Gubernur, mencerminkan meningkatnya pembangunan kesehatan serta kulaitas hidup masyarakat Papua.

Untuk sektor pendidikan, dalam pidato tersebut Gubernur Lukas Enembe menyampaikan bahwa hasil Susenas 2015  menunjukkan bahwa persentase penduduk umur 15 tahun ke atas yang melek huruf di Papua tahun 2015 mencapai 70,83 persen.

“ Harapan Lama saekolah menjadi 9,95 tahun pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2013 sebesar 9,58 tahun; Rata-rata lama sekolah mencapai 5,99 tahun pad atahun 2015 lebih tinggi dibandingkan tahun 2013 sebesar 5,74 tahun,”  sambung Enembe.

Disamping sektor kesehatan dan pendidikan, program pembangunan 13 ribu rumah juga terus dilaksanakan, ujar Gubernur.

“Program pembangunan 13 ribu rumah yang telah terbangun mencapai 9 ribu unit, atau tingkat capaian sebesar 69,23 persen dari target 13 ribu rumah yang terbangun sampai tahun 2018,” katanya.

Berbagai program untuk tahun 2017 telah dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Papua, baik di sektor pendidikan, kesehatan, bidang pembedayaan ekonomi rakyat, infrastruktur dan konektivitas, pemenuhan infrastruktur dasar, persiapan Papua sebagai Tuan Rumah PON XX, pembedayaan masyarakat serta reformasi birokrasi.

Gubenur menekankan bahwa diperlukan usaha-usaha besar dan tindakan-tindakan terobosan, yang dilandasi keuletan dan kebesaran hati serta pemikiran dari kita semua, terutama seluruh aparatur Pemerintah Daerah Provinsi Papua.

“Oleh karena itu agenda kita di tahun 2017 kita pastikan bahwa semua yang kita lakukan itu harus menjadi pengungkit utama untuk terjunjungnya harkat dan martabat kita sebagai orang Papua,” pungkasnya gubernur.

 

Pewarta: Lincold Alvi

Editor: Arnold Belau