Pengurus Pramuka Deiyai Sahkan Tujuh Pangkalan Gudep

0
4088

DEIYAI, SUARAPAPUA.com— Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 26-26 Deiyai telah sahkan, memasang dan memberikan Nomor Gugus Depan (Gudep)  sebanyak 7 Pangkalan Gugus Depan, yang berlangsung pada Sabtu (07/01/2017) di masing-masing pangkalan Gudep yang berada di Kabupaten Deiyai.

Felix Tekege, ketua Kwartir Cabang 26-26 Deiyai kepada suarapapua.com mengatakan pihaknya berikan nomor Gudep, Sahkan Pembina dan sekaligus memasang Papan Nama Gugus Depan di tujuh pangkalan.

“Tujuh gugus depan itu adalah  SMA Negeri 2 Tigi Waghete, SMP Negeri 1 Tigi, SMP YPPK St. Xaverius Fransiskus Waghete, SD Inpres Watiyai, SD inpres Okomokebo, SMP Negeri 1 Ayatei Tigi Barat dan SD YPPGI Tenedagi Tigi Barat. Sekaligus memberikan stempel Gudep, Bendera Tunas Kelapa, Bendera Boiskot, dan Bendera Merah putih serta Buku Petunjuk Penyelenggaraan Gudep,” katanya.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Lanjut dia, “Yang kami berikan adalah Aset Pramuka Deiyai, jadi saya harap masing-masing pangkalan Gudep mohon dijaga dengan baik. Dan juga tanggunjawab yang diberikan kepada seluruh pembina Gudep agar dijalankan dengan baik sesuai dengan petunjuk penyelenggaraan Gugus Depan,” urai Tekege, disela-sela pemasangan Papan Nama Gudep.

Tekege menjelaskan, seluruh Gdep diminta agar koordinasi dengan sekolah-sekolah yang ada di sekitar pangkalan yang ada dan memperbanyak Surat Keputusan Pembina Pramuka yang disahkan oleh Kwartir Cabang dan membagikan kepada Majelis Pembimbing Gugus depan (Mabigus), Majelis Pembimbing Desa (Mabides).

ads
Baca Juga:  PTFI Bina Pengusaha Muda Papua Melalui Papuan Bridge Program

Sementara itu, Sekretaris I Kwartir Cabang 26-26 Deiyai, Robert Pekei, mengatakan setiap Gudep segera mengelar musyarawah gugus depan (Mugus) guna menata organisasi gugus depan yang ada. Kata dia, juga perlu memperhatikan rambu-rambu pada petunjuk penyelenggaraan gugus depan yang dibagikan oleh Kwarcab kepada seluruh gugus depan.

Dikatakan, seluruh Gudep perlu melakukan musyawarah bersama dengan pembina Penegak dan pandega yang ada. Dan juga perlu menentukan hari latihan, pembagian tugas bagi pembina. Dan akan diadakan orientasi terkait petunjuk penyelenggaraan Gudep.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

“Pemasangan Papan Nama Gudep ini merupakan sejarah bagi Pramuka Deiyai, sehingga nanti pada hari  Sabtu (07/01/2017) ini. Sehingga nanti padatahun 2018 kita akan laksanakan Hari Ulang Tahun bagi ketujuh Gudep ini,” kata Pekei usai memberikan SK Pembina Pramuka, di Pangkalan Gudep Badabou, Tenedagi, Tigi Barat.

Selain itu, Elias Pakage menambahkan, Surat Keputusan merupakan suatu amanah yang tak bisa ditinggalkan dan juga sebuah tugas yang diberikan sehingga perlu kita laksanakan.

“Untuk itu seluruh aset yang diberikan perlu dijaga dan dirawat dengan baik,” katanya.

 

Pewarta: Yulianus Mote

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaManusia Antropologi-Politik Papua (Bagian 2)
Artikel berikutnyaPelajar dan Mahasiswa Puncak Jaya Nyatakan Netral Dalam Pilkada Serentak 2017