Bupati Nabire Resmikan”Pondok Laser” di Pasar Karang

0
92

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw pada Senin (6/2/2017) telah resmikan tempat cucian motor yang dibangun oleh Kapolres Nabire dan Kalapas Kelas II B Nabire, dengan nama “Pondok Laser”, di Pasar Karang Tumaritis, Nabire, Papua.

Dalam sambutannya, Isaias Douw mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena menurutnya apa yang dilakukan Kapolres dan Kalapas, bagian dari program yang sudah dikerjakan sejak menjadi bupati di periode pertama.

“Kapolres dan Kalapas luar biasa. Karena ini memang yang saya perjuangkan dan kerjakan dari dulu. Apalagi soal mengurangi angka pengangguran. Banyak anak-anak terminal di sini sudah saya jadikan pegawai. Kedepan juga tetap saya lakukan itu,” kata Bupati, disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat yang hadir.

- Event -
Festival Film Papua

Di kesempatan yang sama, Kepala Polres Nabire, AKBP Semmy Rony Abaa, mengatakan tempat cucian motor tersebut dibuat guna mengurangai angka kriminalitas dan guna menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda yang belum memiliki pekerjaan tetap.

“Kami sengaja buat ini untuk menekan angka kriminal. Karena kami lihat di Nabire angka kriminal terlalu tinggi seperti terjadi perkelahian, pencurian, komsumsi minuman beralkohol, cium aibon dan lainnya. Dan ini juga untuk mengurangi angka pengangguran karena kami lihat usahaya relatif mudah dan murah,” kata Ronny Abba.

Khusus untuk mengurangi angka kriminalitas, kata Kapolres, sebelumnya pihaknya telah melakukan pendekatan dengan generasi muda khususnya yang ada di seputaran Komplek Karang Tumaritis, melalui aktivitas bermain bola volli tiap sore.

“Sebelum ini,  kami juga sudah lakukan upaya-upaya lain tuk meminimalisir kriminal, yaitu dengan sediakan net dan bola bagi anak-anak ini. Tiap sore ditiap RT yang ada lapangan bola volly, di situ mereka main. Dan itu selalu kami kontrol,” ucap Kapolres.

Menurutnya, tempat cucian motor yang dibangun disesuaikan dengan tempat yang dinilai rawan konflik.

“Bukan divsini saja kami buat tempat cucian motor, di Pante MAF sudah kami bangun dengan nama Pondok Douw. Kedepan kami akan bangun lagi satu di Siriwini, depan Rumah Sakit Umum, dengan nama Pondok Serbia. Kami sengaja pilih tiga tempat ini karena kami nilai tiga tempat ini selalu ada keributan dari anak-anak remaja yang ada disekitar itu,” ungkapnya.

Setelah Bupati dan Kapolres Nabire menyampaikan sambutan, acara peresmian ditutup dengan ditandai seremony pemotongan pita oleh Bupati Isaias Douw.

Dalam acara peresmian tersebut dihadiri anak Binaan Polres Nabire ini, selain Bupati, Kapolres dan kepala Kalapas Kelas IIB Nabire, hadir pulah Dandim, Kapolsek Distrik Nabire, Kepala Lurah Karang Tumaritis, 14 kepala RW, 18 kepala RT dan serta masyarakat Nabire.

 

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau