Tanah PapuaLa PagoMasyarakat Palang Kantor Bupati Yahukimo

Masyarakat Palang Kantor Bupati Yahukimo

YAHUKIMO,SUARAPAPUA.Com — Sekelompk massa memalang Kantor bupati Yahukimo karena tidak terimah dengan pelantikan eselon II dan III yang digelar beberapa waktu lalu. Pemalangan dilakukan karena dalam pelantikan tersebut tidak ada keterwakilan dari suku Ngalik yang dilantik.

Wakil Bupati Yulianus Heluka kepada massa yang datang mengataka dirinya paham betul tentang demo yang dilakukan pada hari ini.

“Saya suda sampaikan kepada bupati untuk harus segera kembali melakukan pelantikan kepala suku dan satgas Yahukimo bangkit tersebut. Jadi tadi saya sudah telepon kepada bupati. Nanti beliau besok baru kembali ke sini. Jadi masa yang datang ini saya terima dan saya tidak bisa mengambil keputusan karena saya ini jabatan sebagai wakil saja,” kata Yulianus Heluka di kantor bupati pada Kamis (16/2/2017) di Yahukimo.

Baca Juga:  Pagi Ini Jalan Trans Tiom-Wamena Dipalang Caleg PPP

Lanjut dia, “Saya mohon maaf. Saya berdiri di sini sebagai wakil bupati dan saya tau betul apa yg terjadi. Namun saya akan kordinasi dulu masa mohon tenang dan hasil kordinasi pun akan saya kasih tahu,” jelasnya.

Saya berharap para kepala suku dilantik dengan satgas Yahukimo bangkit yang akan bergabung dengan satgas Papua bangkit. Kita di sini juga harus ada yahukimo bangkit,” ujar Yulianus.

Ia menerangkan, bupati tak ada di Yahukimo karena berangkat ke Jayapura dalam urusan partai yang akan berkoalisi. Bupati dipanggil gubernur Papua untuk melakukan deklarasi gubernur.

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Yahukimo Dibatalkan KPU Provinsi Karena Masih Bermasalah

“Saya sudah pastikan. .Dia akan tiba di Yahukimo besok,” katanya.

Sementara Ham heluka, kepalah suku Ngalik mengatakan, pihaknya datang dengan tujuan bukan untuk kepala suku saja tapi datang karena tidak ada keterwakilan di aparatur pemerintahan eselon II dan III Khusunya dari wilya satu belakang suku Ngalik.

“Kami melihat bahwa semua yang dilantik itu kebannyakan orang jawa. Memangnya mereka mereka yang kasih suara untuk jadi bupati? Kami yang hadir anak anak kecil ini jadi tolong untuk kepalah dinas harus ada keterwakilan. Kami minta juga segerah lantik kepala suku dan satgas Yahukimo bangkit ini dalam waktu yang dekat,” pungkasnya.

Menurutnya, sebelumnya bupati sendiri bupati berjanji untuk melantik Satgas dan Kepala suku. Untuk camat dan pejabat eselon II dan III yang didahulukan pelantikannya. Ini masyarakat protes dan palang kantor bupati.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

“Saya akan perintahkan massa palang kantor ini sampai bupati harus ada di sini. Fokus pembicaraan kami bukan dengan bapak wakil sekarang, kita akan minta bupati penuhi janjinya. Kalau sudah ditepati baru kita akan buka kantor dan pemalangan ini,” tegasnya.

Ia berharap agar tidak boleh ada yang membuka palang tanpa informasi dan pemberitahuan dari dirinya sebagai penanggungjawab.

“Mau Sat Pol PP, Polisi jangan ada yang buka sampai bupati ada di tempat,” tegasnya lagi.
Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Terkini

Populer Minggu Ini:

Penyebutan Rumput Mei Dalam Festival di Wamena Mendapat Tanggapan Negatif

0
“Sebenarnya Mei bukan nama rumput. Melainkan Mei adalah nama bulan kelima dalam setiap tahun. Rumput yang dimaksud adalah Owasiwasika (Bahasa Hubula) atau Obwari-bwaringga (Bahasa Lanny),” kata Yefta Lengka menjelaskan.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.