Pertama Kali Kimyal FC Raih Piala Bergilir Turnamen Bupati Yahukimo

0
98

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Kesebelasan Kimyal Football Club sorak sorai usai menerima hadiah langsung dari Abock Busup, Bupati Kabupaten Yahukimo, Rabu (19/4/2019) kemarin di lapangan sepakbola Dekai.

Suasana kegembiraan begitu terasa karena baru pertama kali dalam sejarah di Kabupaten Yahukimo, tim Kimyal meraih juara umum turnamen sepakbola Bupati Cup 2017.

Dalam suasana suka cita usai menerima piala dan uang pembinaan, Tomi Sub, kapten Kimyal FC mengungkapkan rasa syukur atas perjuangan timnya memenangkan turnamen ini.

“Hari ini saya secara pribadi rasa senang, karena pembagian hadiah ini cukup memuaskan seperti yang kami telah terima, uang 50 juta rupiah tambah piala bergilir, bahkan piala tetap. Lebih khusus saya kapten tim mengucapkan terima kasih kepada manajer dan pelatih yang telah dampingi tim selama persiapan dan pertandingan hingga sekarang raih juara,” tutur Tomi.

Bangga dengan prestasi yang diraih timnya, ia berharap ini menjadi pemicu semangat untuk terus berlatih.

“Saya senang sekali karena hasil yang kita capai ini adalah kerja keras tim semua. Bukan hanya satu orang. Kami harap terus dukung kami supaya kami bisa berikan yang terbaik lagi di waktu-waktu mendatang,” harapnya.

Tomi berjanji, dengan mendapat uang pembinaan yang cukup besar dan piala, kedepan timnya akan tingkatkan dalam latihan maupun saat bertanding.

“Target kami tetap juara bertahan,” tegasnya senada dengan Niko Sol, ketua umum Kimyal FC.

Niko menilai prestasi yang diraih anak-anak binaannya diluar dugaan karena memang timnya jarang berlatih bersama di tempat yang bagus. Apalagi dalam turnamen ini diberlakukan sistem gugur.

“Tetapi, puji Tuhan, kita juara,” ucapnya bersemangat.

Dari turnamen ini, diharapkan tim sepakbola Kabupaten Yahukimo terbentuk dengan mengandalkan anak-anak daerah untuk memperkuat Persikimo di ajang kompetisi nasional.

“Potensi muda sudah ada, tinggal kita bina supaya mereka tampilkan kemampuan bermain bola melalui turnamen seperti sekarang. Bila perlu, anak-anak ini harus diprioritaskan menjadi bagian dari Persikimo nanti. Kita bangga anak-anak daerah yang bermain, tidak harus kontrak pemain luar,” ujar Ati Dapla, manager Kimyal FC di Dekai.

Senada diungkapkan Denus Naibal, pelatih Kimyal FC. Ia berharap, bibit-bibit muda dari Yahukimo ini dipersiapkan lebih mantap, selain untuk bertanding di turnamen lokal, juga nantinya memperkuat tim Persikimo untuk membawa nama baik Yahukimo di tingkat nasional.

Kimyal FC keluar sebagai juara satu setelah di laga final mengalahkan Meck FC. Perebutan Bupati Cup ke I kabupaten Yahukimo akhirnya milik anak-anak Kimyal FC.

Hadiah diberikan langsung oleh Bupati Abock Busup, didampingi Andreas Gobai, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Yahukimo, serta disaksikan sejumlah pejabat daerah dan masyarakat setempat.

Saat menyerahkan piala bergilir, Bupati mengatakan, piala utama yang diterima hari ini oleh Kimyal FC sebagai tim juara sepakbola, akan diperebutkan kembali pada Desember mendatang dalam rangka hari ulang tahun Kabupaten Yahukimo.

“Piala bergilir ini akan diperebutkan kembali. Namun kita akan mengkaji lebih dulu, supaya tidak terburu-buru, seperti saat pertandingan Bupati Cup sekarang. Kan sekarang kita sudah menyaksikan semua pertandingannya berjalan kurang bagus,” kata Abock saat menyampaikan sambutan sebelum penyerahan hadiah.

Menurutnya, dari segi keamanan hingga panitia akan disiapkan sebelum pertandingan dimulai. Setelah nanti hasil sosialisasi pemerintah dengan keamanan selesai barulah akan lanjutkan beberapa event berikutnya, seperti dalam rangka memperingati hari ulang tahun Yahukimo, juga rencana pertandingan DPR Cup dan Kapolres Cup.

“Supaya berjalan dengan aman dan baik kita akan diskusi, dengan pihak TNI dan Polisi, agar itu lebih baik. Nah, sekarang kita siapkan piala bergilir untuk sepakbola buat putra, yang lain kami mohon maaf, kedepan kita akan siapkan,” tuturnya.

Bupati juga menanggapi terjadinya keributan dalam pertandingan. Ada tim dan suporter baku pukul hingga banyak orang mengalami luka bahkan ada yang kritis, menurut Abock, semua tuntut ke pemerintah daerah.

“Karena semua tuntut, jadi dana sebagian kita akan bayar masalah ini. Piala bergilirnya hanya satu buat tim putra. Dan kita juga sudah siapkan hadiah lainnya,” kata Bupati.

Disebutkan beberapa hadiah itu, antara lain, piala tetap dan uang pembinan yang cukup besar nilainya, yaitu juara umum sepakbola Rp50 Juta, juara dua Rp40 Juta, juara III Rp30 Juta.

“Biasanya sampai juara tiga, tetapi kita tambah lagi juara harapan I, II, III. Ya, semua dapat piala tetap dengan uang pembinaan. Begitu juga dengan bola volly putra dan putri. Sekarang kita adakan tiga cabang olahraga saja,” ungkapnya.

Andreas Gobai, kepala Dispora kabupaten Yahukimo, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya turnamen ini.

“Kami apresiasi kepada bupati dan wakil bupati yang telah mendukung penuh kegiatan turnamen. Pertandingan bupati cup ini baru pertama kalinya kita adakan di Yahukimo,” kata Gobai.

Hasil pertandingan selengkapnya; untuk sepakbola Kimyal FC juara satu, Meck FC juara dua dan IKK juara tiga. Juara harapan satu Ngalik FC, juara harapan dua Kayo FC, dan juara harapan tiga Uka Putra. Sedangkan untuk sepakbola putri, Yalli Putri juara satu, Meck Putri juara dua dan juara tiga Lany Putri. Untuk harapan satu, harapan dua Weet Putri, dan juara harapan tiga Meck Putri.

Sementara, untuk Volly Putra: Juara I Muara VC, juara II Wesel Putra, juara III Aloaling, serta Volly Putri Juara I Sowa, juara II Musaik, dan juara III Yally Putri.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau