Aloysius Giyai: Empat Kab/Kota di Papua Endemik Malaria

0
2773

JAYAPURA/ANTARAPAPUA, SUARAPAPUA.com— Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menyebutkan empat kabupaten dan kota di wilayahnya merupakan endemik penyebaran penyakit malaria dengan jumlah.

Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai mengatakan keempat wilayah tersebut yakni Mimika, Keerom, Jayapura dan Kota Jayapura.Keempat kabupaten/kota ini, kata dia, memiliki `annual parasite insidence (API) yang berada pada kategori kuning yakni berkisar 0,1 per 1000 orang, katanya.

Menurut Aloysius, untuk itu pihaknya tengah berupaya untuk menurunkan angka penderita penyakit malaria di empat wilayah tersebut termasuk wilayah lainnya.

“Apalagi Kota Jayapura, yang artinya dari sisi keterjangkauannya sebenarnya bisa terjangkau semua, akan tetapi karena malaria rantainya multifaktor penyebabnya, sehingga harus putuskan mata rantai ini dulu,” ujarnya pada Jumat (5/5/2017) di Jayapura.

Dia menjelaskan terdapat tiga kategori kelompok penyebaran penyakit malaria yakni kelompok hijau, kuning dan merah.

ads

“Kami bangga bahwa pada 2016 terdapat satu kabupaten yang API-nya sudah nol atau berada pada kategori hijau yaitu Kabupaten Lanny Jaya,” katanya lagi.

Dia menambahkan untuk itu pihaknya mengajak semua kalangan di Provinsi Papua agar bersinergi antar personal, kelompok profesi-profesi sehingga membangun kemitraan untuk memberantas malaria dari Tanah Papua dan target 2030 bebas malaria dapat terwujud.
Sumber: Antara Papua

Artikel sebelumnyaPotret Pendidikan di Kampung Botai Masih Memprihatinkan
Artikel berikutnyaPanas Tinggi