Ini 10 Rekomendasi yang Dihasilkan Mubes Pertama SOLPAP

0
3002

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Musyawarah Besar Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP) yang digelar dari 2 Mei hingga 5 Mei 2017 menghasilkan sepuluh rekomendasi. 

Franky Warer, pendamping Pasar mama-mama Papua yang terpilih menjadi ketua Solpap dalam Mubes Pertama meminta agar presiden Joko Widodo melihat dahulu persolan yang saat ini sedang terjadi antara Solpap dan Pokja Papua.

Ia meminta agar Presiden selesaikan dan bisa menjelaskan kepada mana-mama Pasar dan juga kepada publik siapa Pokja Papua dan apa peran mereka kepada Solpap dan publik.

“Ini untuk menghindari persoalan yang terjadi saat ini tidak terbawa dan terus berlarut-larut setelah pasar selesai diresmikan,” kata Warer kepada suara-suara.com pada Minggu (7/5/2017) di Kota Jayapura.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

Kata Warer, dalam sepuluh rekomendasi yang dihasilkan dalam Mubes pertama SOLPAP memuat beberapa agenda mendesak yang dituntut kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi Papua dan menghasilkan rekomendasi yang akan dikerjakan Solpap nantinya.

ads

Sepuluh rekomendasi yang dilahirkan dalam Mubes Solpap Pertama adalah:

Pertama, mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengatakan kepada Kementerian BUMN hanya mempunyai tugas untuk membangun pasar mama-mama Papua bukan untuk mengatur pedagang dan penempatan mama-mama pasar

Kedua, mendesak Presiden Joko Widodo untuk mengatakan kepada POKJA PAPUA ,kelompok ini tidak mempunyai hak untuk mengatur Pasar mama-mama Papua

Baca Juga:  Upaya Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Jaga Pasokan BBM Saat Lebaran

Ketiga, mendesak Pemerintah Provinsi Papua untuk melakukan pertemuan, dengan Pemerintah Kota, Kementerian BUMN, SOLPAP harus duduk bersama untuk pengelolaan pasar

Keempat, setiap pelatihan-pembinaan,dukungan bantuan modal usaha harus memiliki rekomendasi dari pengurus SOLPAP baik dari Mitra startegis SOLPAP, Pemerintah , BUMN

Kelima, Permasalahan tanah harus di selesaikan oleh pemerintah Provinsi dan Kota Kota Jayapura

Keenam, Membangun pemahaman bersama/konsolidasi mama-mama di tingkat kota dan kabupaten lainnya di seluruh tanah Papua dan Papua Barat

Ketujuh, Mendesak Pemerintah Kota ketika Pasar mama-mama Papua aktif beroperasi, untuk itu aktivitas pasar pagi paldam dalam ditutup

Kedelapan, Mendesak pemerintah provinsi Papua untuk menyediakan jalur pemasaran produk mama-mama harus di siapkan oleh Pemerintah sehingga produk asli masyarakat Papua bisa masuk pasar Nasional dan internasional.

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Kesembilan, Mendesak pemerintah provinsi untuk membuat Intruksi kepada pihak hotel di Jayapura harus WAJIB membeli bahan produk di pasar mama-mama Papua.

Kesepuluh, SOLPAP akan mengusut dana alokasi khusus melalui KAPP , yang sebagian besar mama-mama pedagang asli Papua belum mendapatkan dukungan modal usaha.

Untuk diketahui, dalam Mubes Pertama kepengurusan SOLPAP terpilih. Antara lain, Franky Warer terpilih sebagai ketua, Natan Tebai terpilih sebagai Sekretaris dan Mety Ronsumbre terpilih sebagai bendahara.

 

Pewarta: Harun Rumbarar
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaCivil Liberty Defenders Sayangkan Sikap Indonesia di UPR
Artikel berikutnyaPelatih Persipura: Saya Senang Tapi Kecewa dengan Hasil Pertandingan