IMASEPA Jabar Minta Gubernur Papua Barat Prioritaskan Pembangunan Pendidikan

0
2538

BANDUNG, SUARAPAPUA.com — Usai pelantikan Dominggus Mandacan – Mohamad Lakotani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Papua Barat oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Cikeas, Bogor, Sekretaris Jenderal Ikatan Mahasiswa Se-Tanah Papua (IMASEPA) Jawa Barat, Leonardus O. Magai meminta pemerintah daerah provinsi Papua Barat dapat mengutamakan pembangunan manusia Papua Barat.

“Pembangunan manusia Papua Barat harus diprioritaskan karena apabila manusia siap pakai tercapai, maka pembangunan di sektor lain dapat dibangun dan diberdayakan secara efektif dan efisien,” katanya di Bandung pada Jumat (12/5/2017) kemarin.

Baca Juga:  Polri akan Rekrut 10 Ribu Orang untuk Ditugaskan di Tanah Papua

Ia menilai, selama enam tahun terakhir ini pemprov Papua Barat lebih banyak bergerak di sektor infrastruktur, dampaknya pembangunan manusia kurang signifikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik pusat IPM provinsi Papua Barat tahun 2016 hanya 62.21% berada dibawah provinsi Sulawesi Barat.

“Dari empat indikator Indeks Pembangunan Manusia provinsi Papua Barat hanya lebih menekankan pada angka melek huruf dan lama sekolah karena melihat kasus pendidikan yang terjadi yakni ditemukan anak pelajar ADEM tidak bisa membaca dan menulis dikirim ke Jawa Barat. Selain itu, hampir semua mahasiswa Papua Barat menyelesaikan perkuliahannya tersendat terkait biaya kuliah,” ujar Magai.

Baca Juga:  Lima Wartawan Bocor Alus Raih Penghargaan Oktovianus Pogau

Ia mengatakan, kasus seperti ini menjadi tugas besar bagi gubernur dan wakilnya yang telah dilantik, sehingga kedepan dapat ditanggulanginya karena pemerintah yang baik pasti mengutamakan pembangunan manusianya dari pada pembangunan infrastrukturnya.

ads

“Kami minta agar segera melihat kondisi pendidikan dengan hati serta memberikan jabatan SKPD terkait pendidikan diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai keahlian pendidikan, bukan dari kepentingan politik atau jabatan politik walaupun dalam pemberian jabatan mempunyai hak prerogatif Gubernur,” ungkapnya.

Baca Juga:  Komisi HAM PBB Minta Indonesia Izinkan Akses Kemanusiaan Kepada Pengungsi Internal di Papua

Magai mengharapkan agar kedepan dapat mengutamakan pilar pendidikan, sehingga kasus-kasus pendidikan di provinsi Papua Barat diminimalisir dengan kepemimpinan baru.

“Saya mewakili seluruh keluarga, mahasiswa dan pelajar Papua dan Papua Barat di wilayah Jawa Barat yang tergabung dalam IMASEPA Jawa Barat menyampaikan selamat berkarya dan melayani masyarakat provinsi Papua Barat secara konfrehensif, semoga kepemimpinannya dapat membawa perubahan yang sangat berarti bagi banyak orang,” tutupnya.

 

Pewarta: CR-2/SP

Editor: Arnold Belau

 

Artikel sebelumnyaJokowi Targetkan Jalan Trans Papua Selesai 2019
Artikel berikutnyaSejumlah Siswa SMA Sempat Diamankan Polisi saat Jokowi ke Wamena