BeritaToni Uk Pimpin Dewan Kesenian Kabupaten Yahukimo

Toni Uk Pimpin Dewan Kesenian Kabupaten Yahukimo

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com— Akhir dari Musyawara Daerah (Musda) kedua Dewan Kesenian Kabupaten Yahukimo, Senin (29/5/2017) siang di Aula Pendidikan Dekai, Toni Up terpilih sebagai ketua untuk periode 2017-2022.

Pantauan suarapapua.com, dalam pemilihan, Toni Uk meraih 15 suara dari setiap suku yang hadir. Sedangkan Timeus Waroman 2 suara dan Meki Hesegem 1 suara.

David Asso, ketua panitia Musda ke-II, menjelaskan, setelah memilih ketua, selanjutnya akan melengkapi struktur pengurus sesuai mekanisme.

“Puji Tuhan, acara Musda bisa berjalan dengan lancar dan aman. Ini kegiatan yang luar biasa, saya bersama teman-teman pantia lainnya merasa legah karena sudah sukses,” kata David.

Menurutnya, kegiatan bisa sukses karena berkat rahmat Tuhan dan dukungan semua panitia dan pihak lain, termasuk pemerintah daerah. “Tidak mungkin kegiatan sukses dalam satu hari saja. Ini sungguh luar biasa. Saya berharap, ketua terpilih dapat mengaturkan organisasi dengan pengurus dan program kerja,” tuturnya.

Baca Juga:  Pagi Ini Jalan Trans Tiom-Wamena Dipalang Caleg PPP

David juga berpesan, pengurus nantinya dapat kembangkam seni dan budaya yang dimiliki masyarakat sembilan suku dan sub suku lainnya dalam rangka mengangkat kearifan lokal melalui berbagai kegiatan di daerah maupun event tingkat provinsi dan nasional.

“Perlu menggali lebih banyak, juga bisa pamerkan di event tertentu. Saya pikir ini waktu untuk mengangkat seni dan budaya di kancah nasional maupun internasional,” ucapnya.

Septinus Rumasep, sekretaris Dewan Kesenian Tanah Papua, mengatakan, hari ini Musda dapat diselenggarakan secara marathon untuk mendapatkan ketua dewan kesenian di kabupaten Yahukimo. Untuk itu, diadakan pleno 1 sampai 4 sebelum akhirnya memilih ketua baru.

Baca Juga:  Dinas Sosial Lanny Jaya Salurkan Sejumlah Bantuan Pemprov ke Masyarakat

“Sebenarnya aturan untuk Musda biasanya 3tiga hari atau paling cepat dua hari. Tetapi, dengan kondisi yang ada, kita akan laksanakan satu hari agar mendapatkan pengurus yang punya hati seni dan budaya,” ujar Septinus.

Usai Musda, ia atas nama DKTP berterimakasih kepada Pemda setempat yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Septinus juga mengatakan, baru pertama kali ikut kegiatan dengan jumla peserta yang banyak.

“Kehadiran setiap suku di sini merupakan hal yang sangat bagus, ini bukti bahwa seni dan budaya di sini ke depan akan dilestarikan dengan baik,” ucapnya usai kegitan.

Baca Juga:  KPU Yahukimo Gelar Acara Pelepasan Logistik untuk Didistribusikan Ke 51 Distrik

Septinus berpesan kepada ketua dewan terpilih agar ke depan, semua suku, tokoh adat, masyarakat, pemuda yang ada harus diakomodir dalam kepengurusan.

Toni Uk dalam visi dan misinya mengungkapkan keinginannya untuk membangkitkan kreativitas seni dan budaya di kabupaten Yahukimo.

“Sebenarya ini visi saya ke depan, kebetulan juga sudah dimasukam dalam sub tema kegiatan sekarang,” kata Toni.

Lanjut dia, satu kegiatan yang akan dilakukan adalah menggelar festival seni musik. “Saya punya banyak mimpi, pertama kita akan mencoba selenggarakan festival musik besar-besaran. Nanti kita bekerja sama dengan semua suku dan sub suku yang ada di Yahukimo,” katanya saat memaparkan visi misinya.

 

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

KKB Minta Komisi Tinggi HAM Investigasi Kasus Penyiksaan OAP

0
“Menyimak video penyiksaan terhadap rakyat sipil Papua yang dilakukan oleh aparat TNI adalah suatu tindakan melanggar dan mencabik-cabik harkat dan martabat manusia sebagai ciptaan Tuhan yang paling mulia,” ujar Mananwir Apolos Sroyer, melalui keterangan tertulis, Senin (25/3/2024).

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.