Tahapan Pilkada Serentak 2018 di Jayawijaya Mulai Dilaksanakan

0
0

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Adi Wetipo, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Jayawijaya mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah memulai melakukan tahapan awal pelaksanaan Pemilukada 2018 di Jayawijaya yang dimulai sejak tanggal 14 Juni 2017.

Menurut dia, apa yang dilakukan pihaknya berdasarkan peraturan KPU Nomor 1 tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati.

“Kami KPU Jayawijaya sudah mulai melaksanakan tahapan awal yang dimulai dari tanggal 14 Juni 2017 hingga hari pencoblosan pada tanggal 27 Juni 2018,” kata Adi kepada wartawan di Sekretariat KPU Jayawijaya, Rabu (28/6/2017).

Ia mengatakan, walaupun dalam suasana libur lebaran tetapi pihaknya di KPU tetap bekerja, karena memfasilitasi para calon-calon yang ingin maju pada Pilkada serentak di Jayawijaya tahun 2018 dalam melayani data-data yang pihaknya membutuhkan di KPU.

“jadi sejauh ini sudah ada beberapa calon yang datang meminta data di KPU, dan hal teknis lainya yang mereka butuhkan,” tuturnya.

Adi juga menyampaikan bahwa ada dua tahapan inti yang perlu dilalui, yaitu tahapan persiapan, dan tahapan pelaksanaan. Dimana katanya, mulai dari perencanaan program, penganggaran, penyusunan dan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dari pemerintah daerah untuk menyelenggarakan Pemilukada dan terakhir di pemutakhiran data. Termasuk sampai pada pendafataran calon dan juga masuk dalam tahap kampanye.

Sementara, Markus Way, Komisioner KPU Jayawijaya dari Divisi Sosialisasi dan SDM mengatakan, pihaknya siap melaksanakan sosialisasi setiap tahapan yang ada kepada masyarakat luas di seluruh Kabupaten Jayawijaya.

“Kami siap melaksanakan semua tahapan yang telah diatur dalam PKPU yang telah kami terima, baik itu sosialisasi melalui media masa, sekolah-sekolah untuk para pemilih pemula, supaya masyarakat Jayawijaya bisa menyiapkan diri dari sekarang untuk ikut serta dalam Pilkada nanti,” pungkas Way.

Pewarta : Elisa Sekenyap