Pilkada Serentak 2018, Gerindra Jayawijaya Ajukan Tiga Calon ke DPD Provinsi

0
318

WAMENA, SUARAPAPUA.com — Soleman Elosak, Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Jayawijaya mengakui, berdasarkan hasil rapat pada, Kamis (29/6/2017) di hotel Ranu Jaya Wamena memutuskan tiga calon dari dalam partai akan pihaknya ajukan ke DPD Gerindra Provinsi Papua sebagai kandidat calon bupati atau calon wakil bupati Jayawijaya pada Pilkada serentak 2018.

Selain calon dari kader partai kata Soleman, pihaknya juga akan mengajukan ke DPD Gerindra sejumlah nama-nama calon dari luar partai yang telah mengajukan nama sebelumnya.

“Kami Gerindra (DPC) akan usung kader sendiri, dan juga kami buka yang lain itu akan bawa sama-sama antar. Jadi yang jelas akan usulkan kader Gerindra (DPC) dan itu tidak menentu calon bupati atau calon wakil bupati, tetapi itu kader dari kita,” kata Soleman kepada wartawan di Wamena.

- Event -
Festival Film Papua

Soleman mengaku, pihaknya tidak membuka pendaftaran bagi kandidat karena AD/ART tidak merekomendasikan untuk membuka pendaftaran di DPC, tetapi sesuai nama-nama yang diajukan baik dari dalam partai maupun dari luar partai, pihaknya telah akomodir dan akan diajukan ke DPD provinsi.

Untuk nama-nama calon dari kader partai Gerindra Jayawijaya kata Soleman ada tiga yaitu, Leonard Mabel selaku ketua panasehat DPC Gerindra Kabupaten Jayawijaya, Yance Tenouye selaku sekretaris satu DPC dan John Wetipo selaku sekretaris dua DPC Gerindra Jayawijaya.

“Kami Gerindra ada empat kursi dan itu tidak maksimal, sehingga kita juga siap jika ada partai lain yang mengusulkan untuk pasangan dengan kita, maka kita siap baik itu bupati maupun wakil,” tuturnya.

Yance Tenouye, Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Jayawijaya mengatakan, hasil rapat hari ini jelas memutuskan tiga calon dari dalam partai harus maju dalam bursa Pilkada serentak 2018 di Jayawijaya, tetapi dari tiga calon ini akan berpasangan dari luar partai, entah itu bupati ataupun wakil bupati.

“Dari tiga calon yang dari kami (Gerindra) akan kawinkan dengan calon-calon dari non-Partai yang telah mengajukan nama-nama ke kami, tetapi syaratnya ada. Kami fraksi Gerindra empat kursi, diantara mereka (non-partai Gerindra) siapa yang ada dua atau tiga kursi untuk memenuhi 20 persen,” kata Yance.

Lanjut dia, “Saya sendiri sebagai salah satu kader partai yang masuk dalam calon dari partai Gerindra prinsipnya kita siap sama dengan dua teman lainnya. Siap jadi calon dari partai, siap juga tidak,” jelas Yance mengiyakan akan juga melakukan melobi politik ke calon dari partai lain.

Pewarta : Elisa Sekenyap

SHARE
Adalah pemimpin redaksi dan Editor di Suara Papua. Untuk berkomunikasi dengannya, bisa hubungi via: Twiiter: @ArnoldBelau Instaram: ab_papua Facebook: Arnold Belau