Belajar Protokol, 16 Staf Humas Pemkab Maybrat Latih di Jakarta

0
359

JAKARTA, SUARAPAPUA.com — Protokol sangat berperan penting dalam rangkaian kegiatan resmi pemerintahan, sehingga aparatur sipil negara (ASN) di bagian Humas harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai.

Hal ini diungkapkan Yosias Safkaur, Asisten III Setda Kabupaten Maybrat, saat membuka kegiatan bimbingan teknis bagi staf Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah (Humas Setda) Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Selasa (25/7/2017) di Hotel Alia, Cikini, Jakarta.

Safkaur dalam arahannya menyarankan kepada peserta dapat mengikuti dengan baik materi dari narasumber agar selanjutnya dipraktekkan di daerah.

Fince Sandra Kocu, ketua panitia dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini diikuti 16 orang staf Humas Setda Kabupaten Maybrat.

Kata Sandra, bimtek kali ini bagian dari pembelajaran dalam bentuk bimbingan teknis yang berhubungan dengan tugas protokoler di daerah agar berjalan sesuai yang diharapkan.

“Kegiatan resmi pemerintahan di Kabupaten Maybrat berjalan baik dan lancar kembali pada protokoler di bidang kehumasan dalam tugas-tugas resmi pemerintah untuk melayani masyarakat di daerah kita,” jelas Kabag Humas Setda Kabupaten Maybrat ini.

Sandra akui kondisi sekarang, tugas protokoler dan kehumasan di kabupaten Maybrat belum berjalan maksimal. “Bimtek ini bisa menambah pengetahuan baru bagi para staf Humas Setda Maybrat agar kegiatan bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Harapan ini senada dengan Yosias Safkaur, bahwa peserta nantinya dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan dalam kegiatan resmi di daerah. Salah satunya pada saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72 pada 17 Agustus 2017 mendatang.

“Ilmu yang diperoleh dari sini, kembali ke daerah bisa aplikasikan. Apalagi menjelang 17 Agustus 2017 sudah bisa ilmu yang didapat saat ini diterapkan di sana. Ilmu protokoler dan kehumasan yang kita peroleh saat ini, kita buktikan itu pada perayaan 17 Agustus nanti. Jadi, kita ini yang menjadi pengendali kegiatan upacara nanti berupa tata tempat, acara dan penghormatan,” tutur Safkaur.

Ia juga mengajak peserta ini selanjutnya menjadi narasumber bagi pemerintah daerah yang berhubungan dengan protokoler dalam acara-acara resmi pemerintahan termasuk kunjungan pejabat ke daerah.

“Kita sudah mendapat ilmunya kembali dan terapkan, mana yang diatur UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang protokol dan mana yang termasuk tradisi adat istiadat setempat. Jadi, yang mengarahkan acara-acara resmi yang berhubungan dengan Pemda Maybrat adalah kita yang mengikuti Bimtek ini,” ungkapnya.

Pantauan suarapapua.com, usai arahan dari Asisten III sekaligus membuka acara Bimtek ditandai dengan penyematan tanda peserta, dilanjutkan materi pertama tentang Protokoler yang dipresentasikan Guntur H. Anggoro, kepala sub bagian hubungan protokolan bagian protokol Kementerian Dalam Negeri.

 

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Arnold Belau