Lukas Enembe Raih Dukungan Mayoritas Parpol untuk Pilgub Papua 2018

0
3356

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Gubernur Papua Lukas Enembe meraih dukungan mayoritas dari beragam partai politik untuk maju sebagai Calon Gubernur Papua pada Pilkada Serentak 2018.

Fakta ini menguat setelah Sekretris Jenderal Partai Demokrat Hinca IP Pandjaitan XIII menyampaikan surat tugas kepada Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Papua yang juga Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai bukti dukungan Partai Demokrat di kantor Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2017).

Dikutip dari situs resmi partai Demokrat, surat tugas tersebut diberikan kepada Lukas Enembe yang akan maju kembali menjadi Calon Gubernur Papua untuk melaksanakan komunikasi politik kepada partai politik politik sahabat agar segera terpenuhi persyaratan dukungan minimal 20% untuk menjadi Calon Gubernur Provinsi papua 2018-2023.

Baca Juga:  Komnas HAM RI Didesak Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Sipil Papua di Puncak

Surat tugas dibacakan oleh Wasekjen Andi Timo Pangerang selanjutnya tugas tersebut di berikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrat kepada Gubernur Papua yang juga ketua DPD PD Papua Lukas Enembe.

Dikatakan, surat tugas ini bermakna bahwa Demokrat telah memutusan bahwa Lukas Enembe adalah satu-satunya Calon Gubernur Papua. Penetapan atas pencalonan ini akan disahkan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang diketuai Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono.

ads
Baca Juga:  Komisioner KPU Yahukimo Nyatakan Siap Selenggarakan Pemilu 2024

Dalam pertemuan itu Lukas Enembe secara tegas telah menyampaikan kesiapannya untuk memimpin Papua. Lukas juga memaparkan visi misinya.

Sejauh ini partai politik yang telah secara resmi menyampaikan dukungan kepada Lukas Enembe antara lain PAN, Partai Nasdem, PKPI, dan Partai Golkar. Sementara PKB melakukan fit and proper test pada Lukas Enembe esok hari. Sementara yang telah melakukan fit and proper test adalah Partai Hanura dan PKS. Begitupun, mengingat hasil fit proper test yang dilakukan berbagai parpol, Lukas Enembe meraih poin tertinggi maka diyakini PKS dan Hanura memberikan rekomendasinya. PPP juga telah menyampaikan konferensi pers mendukung Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua.

Baca Juga:  Meski Dibubarkan, Struktur Kerja ULMWP Resmi Dikukuhkan dari Tempat Lain

Melihat fenomena di atas, maka hanya membutuhkan dukungan dari Partai Gerindra saja untuk memastikan bahwa Lukas Enembe akan menjadi calon tunggal Gubernur Papua pada Pilkada Serentak 2018.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya Bendahara Umum Partai Demokrat Indrawati Sukadis, Direktur Eksekutif DPP-PD Fadjar Sampurno, Wasekjen DPP-PD Andi Timo Pangerang, Wakil Sekjen DPP-PD M Rifai Darus, Wakil Ketua DPD PD Papua Carolus Bolly serta jajarannya.

 

Sumber: demokrat.or.id

Artikel sebelumnyaPemerintah Klaim Telah Kerjakan 86 Persen Jalan Trans Papua
Artikel berikutnyaDKTP Perdana Kab. Merauke Digelar