Ratusan Siswa di Maybrat Ikut Tes Masuk Pendidikan di Yohanes Surya

0
374

MAYBRAT , SUARAPAPUA.com— Sekitar seratus lebih siswa-siswi SD kelas IV dan V wilayah pemerintahan kabupaten Maybrat mengikuti tes kemampuan akademik dan psikotes selama tiga hari yakni 8-10 Agustus 2017 yang dipusatkan di distrik Aitinyo Utara kampung Fategomi.

Hal demikian disampaikan kepala bidang pendidikan dasar, Andarias Taa, S.SS kepada suara papua com  di Kumurkek Rabu, (9/7/2017)) kemarin.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan kebijakan pemerintah daerah kabupaten Maybrat melalui dinas pendidikan dan pengajaran guna megikutsertakan siswa-siswi berbakat untuk mengikuti pendidikan di Yohanes Surya dengan target kelas IV 10 anak dan kelas V 10 anak.

“Ini kebijakan pemerintah daerah kabupaten Maybrat melalui dinas teknis, termasuk penyedian anggaran untuk anak-anak yang mengikuti pendidikan disana.  Jadi hasil tes akademik dan psikotes berhasil baru dilanjutkan dengan tes kesehatan. Target dari Pemda Maybrat adalah lulusan siswa terbaik kelas IV berjumlah 10 anak dan kelas V 10 anak, tetapi yang mengikuti tes sekitar seratus lebih,” ungkapnya.

Taa menjelaskan, tes itu diselenggarakan langsung oleh tim dari Yohanes Surya, pemda Maybrat hanya menfasilitasi. Hasil tes baik itu kemampuan akademik, psikotes dan kesehatan  itu yang menentukan apakah diterima atau tidak, sebab awal Agutus 2017 sudah mulai proses belajar mengajar di sana.

“Proses belajar mengajar dimulai akhir Agustus dengan fokus mata pelajaran yaitu Matematika dengan berpola bergembira ria. Anggaran itu disiapkan pemda Maybrat melalui dinas pendidikan dan pengajaran dimana setiap anggaran ditransfer ke rekeningnya lembaga Yohanse Surya,” imbuhnya.

Dia berharap siswa-siswi yang tidak masuk dalam seleksi bukan ditentukan dinas pendidikan dan pengajaran kabupaten Maybrat tetapi ditentukan pada hasil tes yang diseleksi Yohanes Surya sebagai lembaga independen.

“Kami sudah mengundang masing-masing SD yang ada di kabupaten Maybrat untuk mengikutisertakan siswanya untuk megikuti tes ini. Sehingga kami berharap yang terpilih nanti adalah siswa dan siswi unggul,” pungkasnya.

Pewarta: Engel Semunya

Editor: Arnold Belau