Bupati Yahukimo Buka Prajab Golongan II dan III

0
2315

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup secara resmi membuka Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 2013 di aula Gereja GKI Metanoya Dekai pada Senin (14/8/2017). Direncanakan Prajabatan akan berlangsung selama tiga bulan.

Dalam sambutannya, Abock mengatakan, para peserta yang mengikuti prajab hari ini merupakan CPNS yang sudah diangkat sejak bupati Ones Pahabol dan baru dilakukan prajab pada masa kepemimpinannya.

Kata Abock, Prajab saat ini cukup berat. Beratnya adalah waktu pelaksanaannya selama tiga bulan. Kalau sebelumnya hanya sebulan saja. Pada akhir prajab nanti para calon akan buat makalah.

Baca Juga:  Pj Bupati Lanny Jaya Dituntut Kembalikan Tendien Wenda ke Jabatan Definitif

“Disitu baru akan menentukan jatuh atau lulusnya dari proses mereka ikut prajab dan hasi makalah itu. Yang bikin lama untuk gelar prajab ini adalah karena ada 15 orang yang belum diakomodir. Tetapi untuk 15 orang itu saya sudah sampaikan bahwa mereka akan diangkat kalau ada penerimaan. Harapan saya, rangkaian kegiatannya bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Untuk 15 orang yang tidak diangkat, menurut Bupati, mereka sudah sepakat dan akan diprioritaskan dalam penerimaan CPNS berikutnya.

ads

“Saya berharap materi-materi tentang ASN yang akan diberikan bisa ikuti dengan baik supaya melakukan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat dengan baik,” kata Abock.

Baca Juga:  Pleno Kabupaten Yahukimo Dibatalkan KPU Provinsi Karena Masih Bermasalah

Sementara Suhayatno, kepala BKD Kabupaten Yahukimo, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan peraturan kepala lembaga administrasi Negara nomor 17 dan 18 tahun 2017 tentang penyelenggaraan latihan dasar bagi CPNS Golongan III, II dan I.

Untuk Yahukimo sendiri, kata dia, SK bupati nomor 135 tahun 2017 tentang kepanitiaan penyelengaraan latihan dasar bagi CPNS formasi 2013 tahun 2017.

“Jumlah peserta ada 196 orang. Peserta ini masing-masing 100 orang golongan III, kemudian 96 itu golongan dua. Dari jumlah itu khusus golongan III ada lima orang dari Lanny Jaya dan golongan II dua orang dari Lanny Jaya juga,” jelasnya usai kegiatan.

Baca Juga:  PGGY Kebumikan Dua Jasad Pasca Ditembak Satgas ODC di Dekai

Menurutnya, prajab yang berlangsung bukan hanya CPNS Yahukimo, tetapi ada juga dari kabupaten lain seperti Lanny Jaya. Jadi, total 196 peserta yang akan mengikutinya selama 3 bulan.

“Penyelenggaraan prajab ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dulu namanya diklat prajab, tetapi sekarang namanya latihan dasar bagi CPNS. Begitupun jumlah jam berbeda dengan dulu,” imbuhnya.

 

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaHampir Dua Minggu Sekolah di Yahukimo Tidak Berjalan
Artikel berikutnyaPemda Paniai Dinilai Abaikan Korban Luapan Air Danau