5 Teknologi Yang Dapat Berbahaya Bagi Manusia

0
4764

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Melihat bagaimana peran teknologi saat ini, kehidupan manusia memang menjadi semakin mudah. Namun seandainya dilihat dari kacamata ilmu pengetahuan, teknologi bukanlah hanya tentang kemudahan dan kecanggihan.

Teknologi juga berbahaya dan bersifat menghancurkan. Bahkan, teknologi-teknologi yang bertujuan untuk memudahkan pun memiliki potensi tersebut. Beberapa teknologi tersebut sudah ada di sekitar manusia.

1. Drone/Pesawat Tanpa Awak

ilustrasi drone

Teknologi pertama yang berpotensi besar dapat memusnahkan umat manusia adalah teknologi Drone atau yang sering disebut pesawat tanpa awak. Seperti yang kita ketahui, teknologi Drone ini sendiri awalnya diciptakan untuk melakukan pemotretan atau perekaman objek yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.

Namun belakangan teknologi ini dikembangkan untuk melakukan pengintaian dan bahkan digunakan pada sejumlah peperangan. Tentunya, jika semakin banyak negara yang mengembangkan Drone untuk peperangan, dipastikan akan sangat banyak korban yang berjatuhan mengingat daya jangkau Drone ini sangat luas.

ads

2. Laser

ilustrasi senjata laser

Laser merupakan teknologi yang diciptakan untuk melakukan banyak hal seperti mengobati penyakit, alat pemotong material, membuat hologram dan masih banyak lagi. Namun, seperti yang kita ketahui, negara-negara modern saat ini telah mulai mengembangkan teknologi laser ini sebagai senjata pertahanan yang tentu saja suatu saat akan dilibatkan dalam perang dan jika hal ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin manusia akan jatuh ke dalam perang laser seperti yang kita lihat pada film Star Wars.

3. Nuklir

ilustrasi nuklir

Nuklir merupakan teknologi yang penuh kontroversi sejak penemuannya pada era Perang Dunai II. Teknologi ini memang telah banyak membantu umat manusia, khususnya dalam pemanfaatannya sebagai sumber energi skala besar. Namun, di sisi lain nuklir juga telah membuktikan diri sebagai salah satu teknologi yang paling banyak memakan korban jiwa berkaitan dengan daya ledak dari nuklir itu sendiri jika digunakan sebagai senjata. Bukan tidak mungkin perang nuklir akan terjadi beberapa tahun lagi mengingat persaingan antar negara-negara maju yang saling mengancam dengan teknologi nuklir masing-masing.

4. Internet

ilustrasi internet

Internet merupakan salah satu teknologi yang paling dekat dengan manusia dan menghadirkan sejuta manfaatpada berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, siapa pun pasti menyadari kalau teknologi yang satu ini juga mendatangkan bahaya yang bahkan lebih parah dari teknologi lainnya. Internet bisa saja digunakan oleh sejumlah pihak untuk melakukan manipulasi data dan informasi yang dapat memicu penipuan, pembunuhan, perpecahan, dan bahkan peperangan sekalipun.

5. Kecerdasan Buatan

ilustrasi kecerdasan buatan

Kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi yang masih tergolong baru. Teknologi yang baru ditemukan beberapa tahun lalu ini membuat mesin-mesin yang diciptakan manusia dapat melakukan sesuatu dengan sendirinya (otomatis) tanpa memerlukan kehadiran manusia.

Namun, di sisi lain, kecerdasan buatan ini bisa menjadi bumerang bagi manusia, misalnya saja jika kecerdasan buatan itu sendiri telah melampaui kemampuan manusia, sementara kemampuan manusia terbatas oleh evolusi biologis. Tentunya hal tersebut akan membuat manusia tidak diperlukan lagi karena sudah tergantikan oleh kecerdasan buatan yang tidak mengenal lelah dan lapar. Pada skenario terburuk, bisa saja kecerdasan buatan itu sendiri menganggap manusia sebagai musuh/ancaman yang harus dihilangkan.

Sumber: pacebro.com

Artikel sebelumnyaKronologi Papua 1960-1969: Ketika Hak-hak Politik Bangsa Papua Diberangus
Artikel berikutnyaKepala BNN Provinsi Papua Apresiasi Polres dan Masyarakat Pegunungan Bintang