​KNPB Nabire Dukung Sidang Umum PBB, Tolak Dialog Jakarta-Papua

0
3812

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Nabire, menyatakan mendukung penuh pada sidang umum PBB Ke-72 yang didalamnya beberapa negara bawa isu Papua Barat serta menolak dialog Jakarta-Papua. 

Hal tersebut dikatakan Ketua KNPB Nabire, Andi Yeimo kepada suarapapua.com saat ditemui di rumahnya, Nabire (21/9/2017).

“Kami seluruh rakyat Papua wilayah Nabire mendukung penuh dengan tindakan-tindakan yang diambil oleh negara-negara Pasific Islands yang sedang mempersiapkan diri menuju sidang umum PBB ke-72,” katanya.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Segera Perintahkan Panglima TNI Proses Prajurit Penyiksa Warga Sipil Papua

Pemerintah Vanuatu dan Solomon Islands telah mengeluarkan undangan kepada berbagai pemimpin negara-negara untuk hadir pada “side event” di Gedung PBB. Sidang ini akan berlangsung tanggal 21 September 2017 dini hari untuk mengangkat isu self-determination for West Papua dan kejahatan kemanusiaan di tanah Papua. Para diplomat ULMWP akan berada disana.

Andi juga menjelaskan, sesuai dengan instruksi pusat yang disampaikan kepada rakyat Papua, baik di tanah air maupun diluar harus berpartisipasi dalam berbagai bentuk doa dan aksi dukungan, sesuai kondisi wilayah masing-masing.

ads
Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Andi Yeimo mengharapkan agar negara-negara pendukung ULMWP dapat mendorong keinginan rakyat Papua Barat untuk penentuan nasib sendiri melalui referendum.

Yeimo menegaskan, KNPB Nabire tetap menolak dialog sektoral yang digagas Jokowi.

“Kami menolak dialog Jakarta-Papua yang didorong oleh JDP, karena menimbulkan sebuah penderitaan bagi rakyat Papua yaitu Otonomi Khusus yang sampai saat ini tidak pernah berlaku bagi OAP, sehingga KNPB wilayah Nabire dan setanah Papua telah menyepakati untuk menolak dialog Jakarta-Papua sebab tidak akan pernah menyelesaikan status politik bangsa Papua,” tegas Yeimo.

Baca Juga:  ULMWP Mengutuk Tindakan TNI Tak Berperikemanusiaan di Puncak Papua

Juru bicara KNPB Nabire, Deserius Goo menambahkan, soal dialog sektoral yang telah dikeluarkan oleh ketua KNPB Pusat sudah jelas.

“Sehingga kami KNPB Nabire ikut mendukung hal itu dan dengan tegas menolak dialog Jakarta-Papua,” tambahnya.

Pewarta: Yance Agapa

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSatgas Merah Putih Akan dibentuk di Kabupaten Maybrat
Artikel berikutnyaHarga Garam di Paniai Terus Alami Kenaikan